30 UMKM Ikut Pelatihan Pembuatan Sovenir Asian Games

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Palembang hardayani berfoto bersama peserta pelatihan pembuatan sovenir Asian Games, Selasa (23/5). foto/ist.

Palembang – Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Palembang mengelar pelatihan pembuatan sovenir yang akan dipasarkan pada Asian Games mendatang. Pelatihan ini untuk menggali kreatiftas pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dapat bersaing dengan UMKM dari luar

“Ada sekitar 30 UMKM yang kita latih pada hari ini untuk membuat sovenir yang berkualitas dan terjangkau,”kata Kabid UMKM Dinas Koperasi dan UMKM Juana Ria usai menghadiri pelatihan UMKM, Selasa (23/5).

Dilanjutkan Juana Sovenir yang dibuat dari tiga bahan yang pertama karet, yang kedua logam dan yang ketiga tiber. Ketiga bahan ini dapat dibuat sesuai dengan kemampuan anggota UMKM.

Menurut dia jika sovenir yang dihasilkan nanti bagus maka dapat dipasarkan pada Asian Games yang akan berlangsung tahun depan. Namun yang diutamakan bahwa sovenir ini berkualitas.

”Kalau hasilnya bagus maka dapat dipasarkan, kita lihat dulu hasilnya bagus atau tidak. Kalau yang kurang bagus akan dilatih lagi,”ujar dia.

Pelatihan ini dilakukan selama dua hari. Dengan menghadirkan para pengusaha sovenir yang selama ini sudah dikenal oleh kalangan masyarakat yang pasti akan banyak dampak jika sovenir ini laku karena dapat meningkatkan perekonomian dan penyerapan tenaga kerja.

Ditambahkannya jumlah UMKM di Palembang mencapai 36.100. Namun jumlah ini masih lebih tinggi karena masih banyak UMKM yang belum terdaftar.

”Selama ini memang dalam memperbanyak produksinya UMKM kesulitan modal. Karena modal yang diperlukan tidak kecil. Jadi dengan meminjam melalui KUR dan sebagainya,”tukasnya. (korankito.com/amel)