Gerakan Tolak Narkoba Ala SMAN 10 Palembang

Deklarasi seribu tanda tangan tolak narkoba di SMAN 10 palembang. Foro/Eja

Palembang – Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 10 Palembang, ikut mendeklarasikan gerakan perang terhadap narkoba melalui seribu tanda tangan penolakan narkoba.

Kepala SMAN 10 Palembang Fir Azwar mengatakan, sebenarnya kegiatan ini memang sudah lama dicanangkan, namun baru saat ini secara resmi dideklarasikan. Deklarasi seribu tanda tangan untuk menolak narkoba ini adalah salah satu bentuk aksi nyata yang dilakukan siswanya.

“Selain siswa kita sendiri, disini juga kita libatkan perwakilan dari duta bujang gadis dari sekolah lain untuk ikut berpartisipasi dalam deklarasi ini,” ungkapnya usai acara di halaman SMAN 10 Palembang, Senin (22/5).

Fir mengaku, selain melalui deklarasi tersebut, pihaknya telah melakukan berbagai upaya lain untuk menolak narkoba, seperti penyuluhan bahaya narkoba yang rutin dilakukan setiap hari Senin.

“Penyukuhan ini diberikan agar siswa terus melek infomasi akan bahaya narkoba. Kita juga telah membuat Pusat Informasi dan Konsultasi Remaja (PIK-R) di sekolah. PIK-R ini bisa dijadikan sebagai lembaga untuk konsultasi siswa,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Selatan Widodo mengatakan, memang narkoba itu menjadi momok yang menakutkan, bahkan berbagai modus penyebarannya sudah sangat modern dan terselubung sehingga susah dipantau secara kasat mata.

“Saya berharap melalui deklarasi ini dapat menimbulkan kesadaran para siswa untuk menjauhi narkoba. Mari mulai peduli akan masa depan bangsa dengan menolak narkoba,” asanya. (korankito.com/eja/fran)