Ratusan Pelajar Ikuti Trilomba PKS

TRILOMBA PKS : Salah satu tim pelajar tengah memperagakan salah satu cabang lomba di depan juri dalam Trilomba Patroli Keamanan Sekolah, Ahad (21/5). Foto Ejak.

Palembang – Ratusan siswa sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas dan kejuruan (SMA dan SMK) negeri dan swasta se-Kota Palembang ikuti trilomba Patroli Keamanan Sekolah (PKS) dan Praja Muda Karana (Pramuka), Ahad (21/5).

Kegiatan yang digelar berkat kerjasama antara Polisi Resort Kota (Polresta) Palembang dengan SMKN 1 Palembang tersebut dilombakan tiga cabang PKS yakni gerakan pengatur lalulintas (GPL) yang terdiri dari latihan tegak baris-berbaris (LTBB), 12 pengaturan lalulintas dan senam lalulintas. Kemudian tempat pertama terjadinya kejadian perkara (TPTKP) dan ketiga tongkat Polri. Sedangkan untuk lomba Pramuka ada pionering, LTBB variasi dan menghias nasi tumpeng.

Ketua Pelaksana Dwi Jarianti (siswa kelas X SMKN 1 Palembang) mengatakan, trilomba PKS dan pramuka tingkat SMP-SMA/K se-Kota Palembang ini diikuti oleh 500 pelajar dari 30 sekolah dengan 48 tim, dimana tiap tim berisi tujuh orang.

“Ini adalah kegiatan pertama kami (SMKN 1) yang bekerjasama dengan pihak Polresta. Mereka (para peserta) ini akan memperebutkan trophy juara pertama hingga juara ketiga dan harapan pertama sampai ketiga serta juara umum pertama  dan kedua,” ungkapnya di sela kegiatan lomba, Ahad (21/5).

Hal senada diungkapkan oleh Kepala Satuan (Kasat) Lalu Lintas (Lantas) Kompol Yudah Widyatama Nugraha melalui Aiptu M Muhtasor Sat Lantas Polresta Palembang yang mengatakan, pihaknya menurunkan 13 orang personel untuk menjadi juri kegiatan tersebut. “Untuk Pramuka semuanya dinilai oleh juri yang juga pelatih ekstrakurikuler (ekskul) Pramuka SMKN 1 Palembang,” ulasnya.

Menurutnya, tujuan kegiatan ini tidak lain untuk menjalin silaturahmi antar pelajar, mencegah kenakalan remaja dan meningkatkan minat siswa untuk ikut ekskul. “Secara tidak langsung menanamkan sadar akan lalu lintas dan diharapkan bisa ditularkan dengan teman dan keluarganya,” harapnya. korankito.com/ejak/syym.