Pemasangan Tiang Tanam, Pemkab Muba Siap Bantu PLN

Sekayu – Dalam rangka menindaklanjuti surat yang dilayangkan PLN Rayon Pangkalan Balai perihal bantuan perizinan tanam tiang PLN untuk penyaluran ke Kecamatan Sungai Lilin dan Babat Supat, Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) menggelar audiensi di Ruang Rapat Sekda, Jumat (18/5).

Dalam audiensi tersebut, Manajer PLN Rayon Pangkalan Balai Frans Handoko mengungkapkan beberapa kendala yang dihadapi pihaknya dalam membangun jaringan listrik Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM) 20 kV.

“Di sepanjang sisi kanan jalan pada rute rencana pembangunan jaringan listrik SUTM 20 kV tersebut, terdapat pipa gas milik Pertamina, ini yang menjadi kendala kami. ntuk itu diharapkan pemerintah dapat memberikan solusi terbaik,” ujarnya.

Selain itu, Frans juga berkeinginan pihaknya mendapatkan bantuan koordinasi dan perizinan penanaman tiang PLN pada Right Of Way (ROW) pipa gas Pertamina tersebut.

“Rute yang akan dibangun sepanjang 19 Km dari gardu induk Sungai Lilin, Desa C3 sampai dengan Sri Gunung. Tinggi tiangnya 13 meter dengan jarak antar tiang kurang lebih 45 meter,” papar Frans.

Plt Sekretaris Daerah Muba Apriyadi didampingi Direktur PT MEP Hazuar Bidui, menyambut baik program PLN Rayon Pangkalan Balai yang bertujuan untuk peningkatan kehandalan sistem kelistrikan di Kecamatan Sungai Lilin dan Babat Supat.

“Permasalahan listrik ini memang tidak bisa diselesaikan sekaligus, untuk itu pemerintah secara bertahap menjawab keinginan warga akan kebutuhan listrik yang menjadi kebutuhan pokok ini,” jelas Apriyadi.

Guna mempermudah PLN dalam pembangunan SUTM, lanjut Apriyadi, pemerintah akan mengadakan rapat bersama SKK Migas, Pertagas, PLN, MEP, Camat Sungai Lilin dan Camat Babat Supat.

“Kita jadwalkan rapat secepatnya, kalau bisa dalam waktu dekat rapat ini kembali dilanjutkan,” tutupnya. (korankito.com/heri/fran)