Aneh Tapi Nyata, Tiga Tumbuhan Tak Biasa Dimiliki Seorang Warga Lahat

Lahat – Dibilang aneh, namun ini kenyataan. Kalau sebelumnya seringkali menemukan pisang bertandan dua, kemudian nanas berbuah 2 hingga 3, itu sudah pernah terjadi. Kali ini lain dengan yang dialami oleh Jainudin, seorang warga Desa Tanjung Payang, Kecamatan Lahat, Kabupaten Lahat ini.

Di kebun sekitar rumahnya, selain menemukan pisang bertandan dua dalam satu pohon, Jainudin juga menemukan nanas yang berbuah hingga 10 cabang. Lebih aneh lagi, di sekitar rumahnya terdapat satu pohon kelapa yang bertunas.

“Pertama aku bingung dengan pohon pisang yang ada di kebun milik saya ini, kok bisa bertandan dua dalam satu pohon. Padahal kalau dilihat dari pohonnya tidak ada yang aneh, sama seperti pohon pisang lainnya,” ungkapnya, Kamis, (18/05).

Tak hanya pisang, cerita Jainudin, ada juga tanaman nanas yang nyeleneh. Menurut dia, tanaman nanas miliknya ada yang berbuah hingga sepuluh dalam satu rumpun. Untuk buah pertama cukup besar, kemudian dikelilingi oleh buah lainnya, tetapi masih dalam satu rumpun.

“Nah, kalau pohon kelapa awalnya saya tanam biji kelapa dan tumbuh satu pohon. Setelah pohonnya cukup besar, tiba tiba muncul tunas dari pohon kelapanya. Jadi dalam satu biji kelapa yang saya tanam, itu ada dua pohon tumbuh,” tuturnya.

Keunikan buah pisang bertandan dua, nanas berbuah sepuluh dalam satu rumpun dan pohon kelapa bertunas di tengah pohon itu, banyak menarik perhatian warga sekitar. Tidak sedikit yang mengabadikannya.

“Terkadang ada juga warga yang meminta bibit sama daun dari tanaman tersebut, katanya daun ini dapat dijadikan obat dari berbagai penyakit. Tetapi menurut saya, hal tersebut kembali kepada diri masing masing dan jangan terlalu dipercaya dengan mitos,” tutupnya. (korankito.com/ujang/fran)