Bisa Dipercaya

Puskesmas Jakabaring Layani Masyarakat di Perbatasan Palembang-Banyuasin

Peresmian Puskesmas Jakabaring Kecamatan Rambutan, Rabu (17/5). foto/waluyo

Banyuasin – Untuk lebih mendekatkan pelayanan kepada masyarakat Banyuasin yang berdomisili di perbatasan Kota Palembang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin mulai mengoperasionalkan Puskesmas Jakabaring Kecamatan Rambutan, Rabu (17/5). Puskesmas Jakabaring ini diresmikan Bupati SA Supriono didampingi Ketua DPRD Agus Salam.

“Hari ini kita menambah satu lagi puskesmas yang siap beroperasional. Jadi jumlah puskesmas yang kita miliki sekarang berjumlah 33 puskesmas,” Ungkapnya usai peresmian.

Berita Sejenis
1 daripada 2

Supriono menjelaskan kesehatan merupakan kebutuhan dasar setiap manusia dan merupakan modal setiap warga negara dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Karena itu Pemkab bertanggung jawab untuk menjamin setiap warganya  untuk memperoleh pelayanan kesehatan yang berkualitas.

“Keberadaan Puskesmas Jakabaring ini merupakan ujung tombak. Pelayanan Kesehatan harus diselenggarakan dengan menitikberatkan kepada pelayanan untuk masyarakat luas guna mencapai derajat kesehatan yang optimal, tanpa mengabaikan mutu pelayanan kepada perorangan,” lanjutnya.

Puskesmas Jakabaring bisa melayani masyarakat Banyuasin yang berdomisili di perbatasan Kota Palembang. Menanggapi keluhan masyarakat yang mengeluhkan seringnya tenaga kesehatan yang tidak berada ditempat Supriono memberikan peringatan keras.

“Saya instruksikan kepada Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) untuk merekrut pegawai puskesmas dari daerah setempat. Hal ini untuk mengantisipasi aduan masyarakat yang mengeluhkan keberadaan bidan dan pegawai yang tidak berada ditempat,” tegas Supriono.

Dijelaskanya pelayanan kesehatan akan terus dikembangkan untuk masyarakat. “Pemkab Banyuasin punya short message service (SMS) online untuk menjangkau masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan” pungkas Supriono

Sementara itu Ketua DPRD Agus Salam mengatakan, DPRD sangat mendukung program permerintah dalam mengupayakan program pelayanan kesehatan yang berpihak pada rakyat. Tentunya pelayanan yang cepat, tepat, murah dan terjangkau.

”Ini merupakan tanggung jawab bersama antara DPRD dan Pemkab. Selamat kepada atas peresmian Puskesmas Jakabaring ini,” ungkap Agus Salam.

Sebelumnya Puskesmas Jakabaring Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin yang terletak di Jalan Tegal Binangun ini dibangun sejak tahun 2016 dan sudah mulai beroperasi sejak Januari. Dimana pelayanan yang diberikan meliputi pelayanan non rawat inap seperti pelayanan promosi kesehatan, pelayanan kesehatan lingkungan, pelayanan kesehatan ibu anak dan KB, pelayanan gizi dan pencegahan pengendalian penyakit.

Saat ini tenaga kesehatan yang ada yang terdiri dari 3 orang dokter umum, 2 orang perawat, 3 orang bidan. Dengan harapan dapat memberikan manfaat bagi warga sekitar dalam bidang pelayanan kesehatan, secara mudah, murah, dan cepat. (korankito.com/waluyo/amel)