Bunda Rita Devi Suhartoni Ajak Disdik Bangun PAUD Percontohan

Foto/ist

Muratara-Bunda Paud yang juga ketua Tim penggerak PKK, Hj. Rita Devi Suhartoni bersama Kabid Paud Dinas Pendidikan Muratara, Yuli beserta sekretaris Dan ketua pokja II Tim Penggerak PKK tanggal 8 mei lalu berkunjung ke Paud Percontohan.

Dalam kunjungannya, di dua PAUD Percontohan yang disambangi, yakni yayasan pelangi nusantara dan yayasan anak emas.

Bunda Rita Devi Suhartoni mengungkapkan kunjungan tersebut mencari konsep terbaik dalam mendirikan PAUD di Kabupaten Musi Rawas Utara.

Sehingga kedepannya melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Musi Rawas Utara memiliki Paud Percontohan yang kedepannya dapat dicontoh Paud yang akan didirikan baik itu pihak yayasan maupun Pemkab kedepannya.

Harapannya, masyarakat Musi Rawas Utara dapat mengeyam pendidikan anak sejak dini.

“Saya secara pribadi dan juga bunda Paud berharap Konsep Paud Percontohan ini dapat terealisasi,”ungkapnya

Mengapa Bunda Rita sangat berharap terealisasi, sebab banyak manfaat adanya kelas pendidikan anak usia dini. Dia mengungkapkan setidaknya ada 10 manfaat anak mengikuti PAUD.

Dikatakannya, sekolah di PAUD, dapat meningkatkan keterampilan sosial dan emosional. Lanjutnya pendidikan anak usia dini memfasilitasi anak mendapatkan lingkungan sosial yang sesuai untuknya.

“Di sini ia dapat berinteraksi dengan lebih banyak teman sebaya sehingga meningkatkan keterampilan sosial dan emosional. Interaksi dengan teman-temannya akan mendorong ia untuk belajar berkomunikasi dan mengungkapkan perasaan,”ungkapnya.

Yang kedua ungkap Bunda Paud, meningkatkan keterampilan berbicara dan berbahasa,  Dikatakannya anak akan diajarkan untuk bicara dengan bahasa formal saat di dalam kelas. Guru juga akan memberikan bimbingan mengenai cara berbicara yang baik dan sopan. Beberapa aktivitas seperti bermain dan bernyanyi juga bermanfaat menambah kosa kata anak. Hal ini akan meningkatkan keterampilan berbicara dan berbahasa.

Lanjutnya adanya Paud dapat meningkatkan keterampilan motorik, mengapa  begitu, banyak pelajaran yang diajarkan bersifat mendorong kreativitas anak melalui kegiatan yang menyenangkan. Aktivitas tersebut dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak melalui kegiatan yang mengandalkan gerakan jari-jari tangan misalnya menulis, memegang, mewarnai, dsb. Aktivitas tersebut juga dapat meningkatkan keterampilan motorik kasar melalui kegiatan yang mengandalkan gerakan tangan dan kaki misalnya memukul dan menendang.

“Selain itu bersekolah di PAUD dapat mengembangkan kreativitas anak, meningkatkan daya imajinasi, memahami nilai-nilai penting dalam kehidupan, mempersiapkan mental anak dalam mengikuti Pendidikan formal, menumbuhkan rasa percaya diri dan kemampuan motorik,”jelasnya dengan gamblang.

Nah apabila ini terbentuk, Pendidikan Di kabupaten Muratara dapat lebih maju lagi dalam melahirkan generasi penerus bangsa yang dicanangkan dalam visi misi Bupati dan Wakil Bupati Musi Rawas Utara.

“Kita ingin Pendidikan Muratara memang berkualitas, berkarakter tentunya juga berakhlak mulia,”pungkasnya. (korankito.com/dhia/mbam)