Ciptakan Swasembada Pangan, Kodim Dukung Cetak Sawah

foto/heri

Muba – Kodim 0401/Muba melaksanakan kegiatan survei cetak sawah 2017 diwilayah Koramil 401-05/Bayung Lincir yang dipusatkan di Desa Pulai Gading Pangkalan Bayat Kecamatan Bayung Lincir Kabupaten Muba, Jumat (12/5).

Kegiatan ini juga dihadiri Pihak Perusahan PT.Bumi Persada Permai(PT.BPP)  Staf Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura, Aparat Kampung, Kelompok Tani, Staf Kodim dan Para Babinsa Koramil 401-05 Bayung Lincir .

Kodim 0401/Muba Letkol Czi Mulyadi melalui Danramil 401-05/Bayung Lincir Kapten Iwan Setiawan mengatakan kegiatan cetak sawah ini merupakan program pemerintah pusat yang bekerjasama dengan Program CSR Perusahan PP. BPP dan instansi Kabupaten Muba.

Kodim 0401 sudah siapkan lokasi cetak sawah seperti di Desa Pulai gading , Desa Pangkalan Bayat dengan luas lebih kurang 200 ha. Diharapkan adanya kegiatan cetak sawah yang dilakukan dilahan masyarakat dan lahan konsensi Perusahan PT. BPP akan meningkatkan pendapatan perekonomian masyarakat serta mencegah karhutla.

“Saya harapkan petani benar-benar memanfaatkan program cetak sawah ini karena program tersebut dapat membantu para petani dan juga pemerintah dalam menciptakan swasembada pangan sesuai instruksi Presiden Republik Indonesia,” katanya.

Salah  Satu Kepala Desa Pangkalan Bayat Samson mengungkapkan, sebagai kepala desa (Kades) kegiatan ini bermanfaat  bagi para petani dan masyarakat sekitar. Dengan demikian akan menambah jumlah sawah sehingga akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat.

Selain itu juga dapat menghindarkan kebiasan buruk masyarakat terhadap kegiatan illegaloging, serta pembukaan lahan dan membakar hutan.(korankito.com/heri/amel)