Bisa Dipercaya

Kemenag Sumsel Targetkan Wisuda 17 Ribu Hafizh dan Hafizah

Palembang – Kementerian Agama Wilayah Sumatera Selatan (Sumsel) mematok target wisudakan 17 ribu Hafizh dan Hafizah tahun ini, di 17 kabupaten/kota.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumsel Al-Fajri Zabidi mengatakan, menghafal Al-Qur’an adalah salah satu satu ciri khas pendidikan agama, terutama madrasah. Sehingga setiap madrasah wajib punya Tahfidz.

Berita Sejenis

Mainkan Ponsel, Pramono Diduga Tersambar Petir

Novan Setya Datang, SFC Juga Boyong Dzumafo

Moral Milik Pendidik

1 daripada 3.102

“Target kita 17.000 Hafizh​ dan Hafizah se-Sumsel dari jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI) hingga Madrasah Aliyah (MA). Dan program ini akan dilaunching pada tiap kabupaten/kota lainnya,” ungkapnya disela wisuda 1308 Hafizh dan Hafizah se-Kota Palembang, di Masjid Raya At-Taqwa, Selasa (9/8).

Santriwan dan santriwati ini dipersiapkan untuk perguruan tinggi yang mempunyai program beasiswa bagi yang hafal Al-Qur’an. “Saat ini sudah banyak perguruan tinggi yang mempunyai program beasiswa bagi mahasiswa yang hafal Al-Qur’an, jadi mereka kami persiapkan untuk itu,” paparnya.

Diketahui, total Hafizh dan Hafizah dalam wisuda akbar 2017 se-Kota Palembang ini tercatat ada 1308 orang. Dengan rincian MIN 1 ada 188 santri, MIN 2 ada 190 santri, MTsN 1 ada 197 santri, MTsN 2 ada 121 santri, MAN 1 ada 380 santri, MAN 2 ada 85 santri, MAN 3 ada 70 santri dan untuk 16 kantor urusan agama (KUA) ada 77 santri.

Sementara itu, Kepala MA Negeri 1 Palembang Buchari mengatakan, ada sebanyak 380 santriwan dan santriwatimya dari kelas X-XII tergabung​ dalam rumah Tahfidz Al-Hasannah yang mengikuti wisuda Hafizh dan Hafizah yang digelar oleh Kantor Kemenag Kota Palembang.

“Dengan acara ini semoga dapat memotivasi anak-anak untuk mencintai dan menghafal Al-Qur’an,” harapnya. (korankito.com/eja/fran)