Bisa Dipercaya

Ratusan Mahasiswa UIN Ikuti Seminar Bersama Kapolda Sumsel

Kapolda Sumsel usai seminar kebhinekaan di UIN Raden Fatah Palembang. Foto/Eja

Palembang – Ratusan mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang ikuti seminar kebhinekaan yang disampaikan oleh Kepala Polisi Daerah (Kapolda) Sumatera Selatan (Sumsel) Irjen Agung Budi Maryoto.

Maraknya penyebaran paham radikalisme melalui media sosial saat ini, dikhawatirkan tersebar juga melalui aktivitas mahasiswa di lingkungan kampus yang berisi pendoktrian paham radikalisme. Belum lagi usia produktif mahasiswa yang rentan dalam penyalahgunaan narkoba.

Berita Sejenis
1 daripada 8

Beranjak dari permasalahan itu, jenderal bintang dua ini memberikan kuliah umum kepada mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang di Academic Center tentang kebhinekaan dalam era globalisasi, Selasa (9/5).

Menurutnya, negara dengan berbagai macam suku bangsa dan bahasa ini sudah sepakat tentang kebhinekaan. Jadi, jangan sampai terpecah belah. Media sosial (medsos) pun bisa jadi ancaman serius jika idak bijak penggunaannya.

“Bahaya narkoba juga jadi ancaman, Sumsel dikenal sebagai daerah transit dan pemakai narkoba yang cukup besar. Mahasiswa harus membentengi diri, Islam sebagai agama pembawa rahmat sehingga tidak akan mengajarkan kerusakan dan lainnya,” terangnya.

Sementara itu, Rektor UIN Raden Fatah Palembang Sirozi menuturkan, agar mahasiswanya memahami dan mengamalkan nilai dalam sistem kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Mahasiswa harus memainkan peran yang konstruktif dalam menegakan ideologi negara Pancasila dan menjaga keutuhan NKRI. Mahasiswa juga harus berperan aktif dan menjadi garda terdepan dalam mengamankan pancasila, UUD,” jelasnya. (korankito.com/eja/fran)