Memasuki bulan Puasa, Harga Kebutuhan Pokok Merangkak Naik

Salah satu pedagang ayam potong di Pasar Soak Bato. foto / ist

Palembang – Menjelang bulan suci Ramadhan harga kebutuhan pokok di pasar tradisional mulai mengalami keniaikan, diantaranya daging ayam potong, sayur dan bawang putih yang mengalami kenaikan harga cukup tinggi.

Salah satu pedagang pasar tradisional Pasar Soak Bato Sari mengatakan harga kebutuhan pokok ini mengalami kenaikan yang cukup tinggi karena  suplai dari distributor yang terbatas.
“Daging ayam yang sebelumnya di harga Rp 27 ribu perkilogramnya, hari ini naik menjadi Rp31 ribu perkilogram,”katanya disambangi Selasa (9/5).
Menurut dia tingginya harga ayam potong saat ini membuat dirinya dan pedagang lain harus mengeluarkan modal yang besar untuk menyetok daging ayam.
“Mungkin karena nak puaso jadi harga pada naik,”ujarnya.
Begitu juga dengan harga sayur yang juga mengalami kenaikan. Harga cabai merah dari harga Rp 35 ribu/kg hari ini menjadi Rp 40 ribu/kg.
“Bawang putih sangat mahal sudah mencapai Rp 45 ribu/kg. Padahal kemarin masih dikisaran Rp 40 ribu/kg,”kata salah satu pedagang sayur Yudi.
Sedangkan harga ikan masih terbilang masih cukup normal. Seperti Ikan Gabus Rp68 ribu/kg, Ikan Kembung Rp28 ribu/kg, Ikan Sarden Rp24 ribu/kg, Ikan Salam Rp 22 ribu/kg, Ikan Mujair Rp30 ribu/kg. Harga telur ayam naik Rp20 ribu/kg dan harga daging sapi Rp130 ribu/kg.
Salah satu warga Meli (30) mengatakan kenaikan harga kebutuhan pokok ini selalu terjadi menjelang Ramadan. Dimana hampir semua kebutuhan pokok berangsur-angsur mulai merangkak naik.
“Belum puasa saja harga sudah mulai naik. Apalagi sudah puasa nanti dan mendekati lebaran pasti sudah mahal semua,” tukasnya. (korankito.com/raya/amel)