Bisa Dipercaya

Kesbangpol Lakukan Pembinaan Ormas dan LSM

Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan Kab Muba Ali Badri Membuka Sekaligus Memberikan Arahan Dalam Acara Pembukaan Kegiatan Pembinaan Ormas dan LSM yang digelar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Muba di Aula STIER Sekayu,Selasa (9/5) (9/5).

Muba – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) menggelar kegiatan pembinaan dalam rangka penguatan dan penyehatan Organisasi Masyarakat (Ormas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang ada di Muba, Selasa (9/5).

Kegiatan mengusung tema “Melalui Pembinaan Kita Wujudkan Ormas dan LSM Yang Berkualitas Guna Menumbuhkan Partisipasi Msyarakat Dalam Pembangunan” menghadirkan narasumber dari Kesbangpol Sumsel, BIN Sumsel, Polres Muba, Kejaksaan Negeri Sekayu dan Kesbangpol Muba.

Berita Sejenis
1 daripada 4

“Ada 200 peserta Ormas dan LSM yang mengikuti kegiatan ini, untuk angkatan pertama khusus Kecamatan Sekayu ada 120 peserta yang terdiri dari ketua dan sekerataris Ormas dan LSM, dan sisanya untuk angkatan kedua yang akan dilaksanakan pada Rabu besok di aula STIER Sekayu,” ungkap Kepala Kesbangpol Muba Soleh Naim.

Pj Bupati Yusnin diwakili Staf Ahli Bidang Pembangunan, Ali Badri dalam sambutannya mengatakan pembinaan Ormas dan LSM mempunyai arti penting karena Ormas dan LSM adalah bagian dari lembaga non-pemerintahan dan sebagai mitra bagi pemerintah dalam turut serta mendukung pembangunan dan pemberdayaan masyarakat demi terwujudnya tujuan pembangunan nasional.

“Ormas dan LSM dituntut untuk terus melakukan peningkatan kualitas lembaga, baik dari sisi tertib administrasi, tertib anggota maupun dalam peningkatan SDM yang ada, serta peningkatan kualitas program kegiatan sebagaimana yang tertuang dalam AD/ART masing-masing ormas,” ujarnya

Ia menyampaikan harapan agar Ormas/LSM menjadi penggerak dalam menumbuhkan partisipasi dan pemberdayaan masyarakat guna mewujudkan tujuan pembangunan di Muba.

“Pemerintah mengajak seluruh peserta untuk aktif dan berpartisipasi. Besar harapan supaya narasumber dapat memberikan pengetahuan dan wawasan yang seluas-luasnya kepada seluruh peserta, sehingga mendapat garis besar sebagai dasar pertimbangan penentuan kebijakan bagi kemajuan Ormas dan LSM di Kabupaten Muba,” katanya.

Salah satu peserta dari LSM Forum Rakyat Reformasi Muba Hermanto mengatakan menyambut positif kegiatan yang digelar Kesbangpol dalam pembinan para Ormas dan LSM yang ada, dengan begitu bisa menambah wawasan para peserta sehingga berkualitas dalam pembangunan. (korankito.com/heri/amel).