Bisa Dipercaya

Bupati Muratara dan Kemenkes MoU, Tingkatkan Akses dan Mutu Kesehatan

Muratara-Kabupaten Musi Rawas Utara terus menggenjot pembangunannya, di bidang kesehatan, Bupati Musi Rawas Utara, H. Syarif  Hidayat menandatangani nota kesepahaman (MOU) dengan Menteri Kesehatan, Nila Farid Moeloek diwakili Sekretaris Jendral Kementerian Kesehatan dr Untung Suseno bertempat di Hotel Royal Kuningan, Jakarta, Senin (8/5).

Penandatangan nota kesepahaman ini dilakukan untuk mendukung penugasan khusus tenaga kesehatan Berbasis Tim (Team Based) dalam mendukung Pelaksanaan Program Nusantara Sehat (NS).

Bupati Muratara, H. Syarif Hidayat didampingi Kepala Dinas Kesehatan, dr. Mahendra menyatakan tim Nusantara Sehat (NS) merupakan implementasi dari program Indonesia Sehat yang terdiri dari tiga komponen yaitu mewujudkan paradigma sehat, penguatan pelayanan kesehatan dan jaminan kesehatan nasional.

Ditambahkan H. Syarif Hidayat, melalui program tersebut diharapkan kementerian kesehatan bersama pemerintah daerah provinsi dan pemerintah daerah kabupaten/kota mampu meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan yang berkualitas secara terintegrasi, terpadu dan komprehensif  sebagai wujud tanggung jawab negara hadir ditengah-tengah masyarakat.

“Tim Nusanatara sehat merupakan pendayagunaan secara khsusus tenaga kesehatan berbasis tim dalam kurun waktu dua tahun dengan jumlah dan jenis tertentu guna meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan pada fasilitas pelayanan kesehatan primer,” Ucap H. Syarif Hidayat.

Tujuan pendayagunaan secara khusus tenaga kesehatan berbasis tim (tim nusantara sehat) adalah terwujudnya pelayanan kesehatan primer yang dapat dijangkau oleh setiap anggota masyarakat.

“Di Kabupaten Musi Rawas Utara, akan ditempatkan di Puskesmas Desa Pauh,”ungkapnya.

H. Syarif Hidayat menyatakan bangga dengan adanya MOU tersebut, dengan adanya MOU ini menjadi percontohan pelayanan kesehatan terpadu di kabupaten Musi Rawas Utara.

“Kita yakin bangkit dan kesehatan adalah salah satu visi misi kita,”harap nya.

Terpisah Kadinkes dr Mahendra didampingi Sekdis, Marlinda Sari menyatakan Tim Nusantara Sehat merupakan tenaga profesional kesehatan dengan berbagai latar belakang kesehatan seperti dokter, perawat, bidan, tenaga kesehatan masyarakat, tenaga kesehatan lingkungan, ahli Teknologi Laboratorium Medik, tenaga gizi & Kefarmasian. Yang bersedia ditempatkan selama 2 tahun untuk terjun langsung memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan memiliki semangat untuk mendukung pemerintah dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan.

“Kita berterimakasih sekali pada pemerintah pusat, Insya Alloh awal mei mereka kerja di muratara,”pungkasnya.(korankito.com/hms/mbam)