Bupati dan Sekjen Kemenkes Tandatangani Nota Kesepahaman Penempatan NS

Pj Bupati H Yusnin bersama Sekjen Kementerian Kesehatan RI, dr. Untung Suseno Sutarjo, M.Kes menandatangani MoU Tentang Komitmen Penempatan Tim Nusantara Sehat tahun 2017, di Jakarta Selatan, Senin (8/5). foto / ist

Muba – Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) dan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes) RI menandatangani Memorandum Of Understanding (MoU) tentang Komitmen Penempatan Tim Nusantara Sehat angkatan pertama Tahun 2017.

Untuk Kabupaten Muba sendiri penempatan Tim Nusantara Sehat (NS) ini merupakan yang pertama, sedangkan untuk Kemenkes RI sendiri program ini sudah masuk diangkatan keenam

Penandatanganan MoU tersebut ditandatangani Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Kesehatan RI Untung Suseno Sutarjo dan Pj Bupati Muba Yusnin yang didampingi Kepala Dinas Kesehatan Taufik Rusydi bersama di Jakarta Selatan, Senin (8/5/).

Untung Suseno Sutarjo mengatakan, MoU ini dilakukan untuk mendukung penugasan khusus tenaga kesehatan berbasis tim dalam rangka penguatan pelayanan kesehatan di daerah terpencil, perbatasan dan kepulauan (DTPK) dan daerah bermasalah kesehatan (DBK).

“Melalui program ini, diharapkan dapat meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan yang berkualitas secara terintegrasi, terpadu dan komprehensif di DTPK dan DBK, sebagai wujud tanggung jawab negara untuk hadir ditengah-tengah masyarakat”, ujarnya.

Tim Nusantara Sehat ini terdiri dari dokter, perawat, bidan, tenaga kesehatan masyarakat, tenaga kesehatan lingkungan, ahli teknologi laboratorium medik dan lain-lain.

Sementara itu Yusnin mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat yang sudah memilih daerahnya untuk penempatan Tenaga Nusantara Sehat ini.

“Tenaga kesehatan disini masih belum mencukupi. Kami berharap tenaga kesehatan ini nantinya dapat memberikan pelayanan kesehatan yang prima kepada masyarakat serta ikut berperan membantu pemerintah dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan ” katanya usai penandatanganan MoU.

Adapun peranan daerah kabupaten dan kota se-Indonesia yang melakukan penandatanganan surat pernyataan komitmen tersebut, diantaranya menyediakan fasilitas seperti sarana prasarana dan tempat tinggal yang layak untuk menunjang pelaksanaan tugas, menerbitkan SIP untuk peserta penugasan khusus tenaga kesehatan serta menjamin keselamatan dan keamanan peserta penugasan tenaga kesehatan. (korankito.com/heri/amel)