Tanam 2.000 Pohon, Wujudkan Palembang Kota Hijau Bersih dan Biru

Walikota Palembang Harnojoyo melakukan penanaman pohon secara simbolis di halaman Kantor Unit Pelayanan Teknis Dinas (UPTD) Balai Penyuluh Pertanian Jalan Talang Betutu Kelurahan Talang Jambe Kecamatan Sukarame Palembang, Jumat (5/5). foto / ist

Palembanng – Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang bekerja sama dengan PT HM Sampoerna Tbk dan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Indonesia melakukan penanaman 2.000 guna menjaga kelestarian lingkungan, Jumat (5/5).

Walikota Palembang Harnojoyo menjelaskan, penanaman pohon selain untuk menjaga lingkungan hidup juga sebagai upaya menciptakan Palembang sebagai kota yang green, clean, and blue sesuai dengan program prioritas Pemkot Palembang.

“Kita artikan green yakni hijau dengan banyak pohon, rindang dan sejuk, clean yakni bersih udaranya, dan Blue yakni biru lautnya, atau biru lambang air. Kalau di Palembang artinya sungai yang bersih  seperti yang kita lakukan selama ini dengan bergotong royong setiap minggu,” ungkapnya.

Menurut Harno, Pihaknya sangat mengapresiasi program penghijauan yang dilakukan PT HM Sampoerna, Tbk dan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Indonesia dalam mendorong kualitas udara Palembang yang lebih baik lagi. Kedepan kepedulian sosial ini jangan hanya dilakukan PT Sampoerna saja tapi juga perusahaan lainnya.

“Mudah-mudahan perusahaan yang lain menyusul. Terima kasih dan sukses terus untuk pihak yang telah bekerjasama dalam kegiatan yang positif ini,” tukasnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palembang Harrey Hadi, menerangkan 2.000 pohon yang akan disebar tersebut, terdiri dari pohon meranti dan tembesu. Sedangkan selebihnya yakni tumbuhan buah, seperti mangga dan jambu.

“Dari 30 persen luas wilayah dengan luas 38 hektar yang menjadi ruang terbuka hijau (RTH), sudah ada sekitar 25 ribu pohon yang telah ditanam,” imbuhnya.

Sementara itu, Manager Area Sales PT HM Sampoerna Tbk Budi Setiawan menyebutkan, kegiatan ini merupakan bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) PT HM Sampoerna Tbk.

“Walau ini masih sedikit tapi inilah bentuk tanggung jawab kami. Program ini sudah dilaksanakan sejak  awal Mei dengan berbagai  rangkaian acara penanggulangan bencana bersama ACT. Hari ini acara puncak dengan ditandai penanaman 2.000 pohon secara simbolis dan pembagian 40 kotak sampah,” tukasnya. (korankito.com/aya/amel)