Rumah Berusia Ratusan Tahun Ludes Terbakar

Rumah Berusia Ratusan Tahun Ludes Terbakar

Palembang – Rumah bersejarah berusia sekitar 250 tahun milik Habib abdullah penyebar agama islam di Palembang beserta dua rumah lainnya ludes dilalap sijago merah pada Rabu (3/5) sekitar jam 02.00 dini hari, di Kampung Sungai Bayas Jalan Ali Gatmir RT.28/02 Kelurahan Kuto Batu Kecamatan IT II.

Berdasarkan pantauan di tempat kejadian, tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini. Banyak warga yang berdatangan saling bantu membantu memberikan bantuan kepada keluarga yang rumahnya di terbakar.

Menurut saksi mata, Kamil (38) mengungkapkan, sekitar jam 02.00 dini hari, api sudah mulai terlihat dan membesar namun belum diketahui penyebab terjadinya kebakaran.

“Melihat api tersebut kami dan para warga lainnya disini langsung saling bahu membahu memadamkan api, namun api tetap membesar dikarenakan hembusan angin kencang,” ungkap nya

Lebih lanjut Ahmad (39) mengatakan, api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 06.00 pagi setelah mobil pemadam kebakaran tiba langsung memadamkan api dari kejauhan saja dikarenakan mobil tidak bisa masuk ke lokasi.

“Ada sekitar 8 mobil pemadam kebakaran yang datang, mereka memadamkan api dari kejauhan dengan menyambung selang karena jalannya sempit.” ujarnya

Ketua RT 26 Fauzi (51) mengatakan, rumah bersejarah maksudnya rumah tempat berkumpul para ulama – ulama besar untuk melaksanakan ziarah ke makam para wali dan ulama yang ada di palembang atau yang dikenal dengan ziarah kubro.

“Yakni hari pertama dimulai masjid Muttaqin Ke makam Ahmad bin syeh sahab lorong gubah, hari kedua rumah habib hasan alhabsy ke makam assegaf dan ketiga puncak nya di rumah habib Abdullah Muhammad Syeh ke makam Pangeran Syarif Ali” kata nya

Lebih lanjut Fauzi mengatakan rumah yang terbakar berjumlah 3 rumah yang terdiri atas 12 kepala keluarga (KK) dan 41 jiwa yakni rumah milik Habib Abdullah Idrus Syahab (80), rumah milik Hanif Alif Syahab (40) dan rumah milik Rusdi Hasan (55), penyebab kejadian di duga konsleting listrik. ujarnya. (korankito.com/dodi/amel)