Lapas II B Sekayu Kelebihan Kapasitas

Kepala Lapas Sekayu, Urib Heru Nadi SH

Muba – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) kelebihan kapasitas dengan jumlah warga binaan 667 orang, sedangkan kapasitas terpasang 170 warga binaan.

Kepala Lapas Sekayu Urib Heru Nadi mengakui hal itu dan sudah menjadi keprihatinan banyak pihak. ‘’Maka itu kondisi ini diyakini turut andil memicu terjadinya kekerasan di balik jeruji besi,’’ paparnya, Selasa (2/5).

Untuk mengatasi itu, Urib menerapkan program pembianan lewat pembebasan bersarat( PB), cuti bersyarat( CB) dan cuti menjelang bebas( CMB), tiga program ini dapat memberikan kemudahan  bagi  para napi di dalam Lapas.

Heru menyebutkan,  sukses Lapas  bukan hanya permasalahan warga binaan, tetapi tidak lepas juga dari peran masyarakat. “ Program pembinanan, ada jaminan masyarakat, berkas otentik, masyarakat atau keluarga yang menjamin, para napi bisa bebas sebelum masa tahanan sesuai pengajuan tiga program yang kita tawarkan,”  bebernya.

Ia menjelaskan, usahakan setelah 2/3 masa tahanan, ada masyarakat atau keluarga

yang menjamin, berkas pengajuan lengkap untuk diproses, program pembinana selama ini asal syarat terpenuhi akan lebih awal dibebaskan bila tiga program yang ditawarkan tawarkan bisa dilakukan.

Harapannya, kedepan dengan program ini dapat mengurangi para penghuni Lapas, selain itu untuk mengajarkan para warga binaan yang beragama muslim harus bisa solat dan membaca ayat-ayat pendek alquran. ‘’Kita tetap akan kerja keras dan kita akan buktikan kalau ada oknum petugas kita yang menyimpang dan melawan hukum akan kita sangsi tegas,’’ tegasnya.(korankito.com/heri/syym)