Hari Ini, 24 Pejabat Rebut Enam Jabatan

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) H Ikhsan Roni. Foto/hms

Lubuklinggau – Sebanyak 24 pejabat ikuti lelang enam jabatan di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau, Rabu (3/5).

Lima jabatan yang dilelang yakni Kadinkes, Inspektur, Kadisnaker, Kepala Dinas Pemukiman dan Perumahan Rakyat (DPPR) dan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) dan satu jabatan Staf Ahli Walikota Lubuklinggau.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) H Ikhsan Roni mengatakan, proses dan pelaksanaan lelang jabatan ini hanya meliputi penyusunan makalah, paparan makalah dan interview.

“Pelaksanaan tahapan ini berlangsung hingga Jumat (5/5). Hasilnya langsung bisa diketahui, kemungkinan akan langsung diserahkan kepada Walikota Lubuklinggau melalui Wawako dan Sekda,” ujarnya.

Tidak hanya itu, lelang ini tidak ada yang dari daerah lain. Memang ada beberapa pejabat yang merupakan pindahan dari kabupaten tetangga yang kini menjabat staf pada staf ahli bidang. “Proses assessment tetap menggandeng tim dari PT BA,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Rodi Wijaya menyambut positif upaya lelang jabatan.

“Ini agar memberi kualitas pejabat yang benar-benar layak untuk mengisi jabatan tersebut. Apa yang terbaik harus dijalani, kendati pada kesempatan berikutnya ditiadakan lelang jabatan karena psikometri sudah menjadi acuan Baperjakat untuk mengangkat jabatan tertentu,” jelasnya.

Hanya saja, pihaknya juga mengimbau tidak hanya sisi profesional dan kelayakan pejabat untuk menduduki jabatan, juga segi kesehatan juga adanya indikasi pengguna obat tetap juga harus menjadi pertimbangan.

“Hal ini harus dikupas lagi karena faktor kesehatan jasmani juga menunjang kinerja. Karena seorang pejabat ditempa harus siap setiap waktu. Serta kendati ditiadakan lelang nantinya, jangan sampai ada kemunduran kualitas,” ungkapnya. (Korankito.com/dhia/syym)