Bisa Dipercaya

Disdik Palembang Jamin Soal UN SMP/MTs Tidak Bocor

Serah terima secara simbolis naskah soal UNKP SMP. Foto/Eja

Palembang – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palembang menyebut tak ada kekhawatiran bocornya soal ujian nasional kertas dan pensil (UNKP) 2017, jenjang sekolah menengah pertama (SMP) dan madrasah tsanawiyah (MTs) di Palembang.

Pasalnya, naskah soal dan lembar jawaban ujian nasional (LJUN), baru bisa diambil masing-masing rayon paling cepat pukul 06.00 dan harus dikirim kembali ke Disdik Palembang pukul 14.00 hari itu juga atau saat ujian berlangsung.

Berita Sejenis

Kisah Anak Putus Sekolah Karena Biaya!

Dampak Gadget Bagi Pelajar

SFC ‘Galau’ Ikut Piala Presiden Atau Tidak

1 daripada 3.089

Plh Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan (Disdik) Palembang Herman Wijaya mengatakan, pihaknya tidak khawatir akan adanya kebocoran soal atau jual beli kunci jawaban, pasalnya soal baru bisa diambil dari gudang Disdik pada pagi hari pelaksanaan ujian.

“Soal harus diambil di gudang Disdik Palembang oleh masing-masing rayon, baik SMP maupun MTs. Barulah nantinya ketua rayon yang membagikannya ke sekolah subrayonnya serta mengumpulkannya kembali,” ungkapnya saat dikonfirmasi Koran Kito melalui ponselnya, Senin (1/5) petang.

Menurut Herman, di Palembang ada 25 rayon untuk SMP dan MTs, dimana 23 rayon untuk SMP negeri/swasta dan dua lainnya untuk MTs negeri/swasta. Untuk total SMP dan MTs negeri/swasta di Palembang ada 239 sekolah, dengan 50 sekolah penyelenggara ujian nasional berbasis komputer (UNBK) dan 189 sekolah menjalankan ujian nasional kertas dan pensil (UNKP).

“Total peserta UN SMP dan MTs negeri/swasta tahun ini ada 28.160 siswa, dimana 21.001 siswa mengikuti UNKP dan 7.159 siswa UNBK. Untuk MTs di Palembang semuanya UNKP,” sambungnya.

Selain itu, untuk pelaksanaan UN SMP tahun ini dirancang dua gelombang yakni yang pertama dijadwalkan pada tanggal 2, 3, 4, dan 15 Mei 2017. Sedangkan untuk gelombang kedua dijadwalkan pada tanggal 8, 9, 10, dan 16 Mei 2017.

“Jadwal UNBK dimulai pada pukul 07.30 sedangkan untuk UNKP dimulai pada pukul 10.30 hingga selesai,” pungkasnya. (korankito.com/eja/fran)