Bisa Dipercaya

TP-PKK Pasuruan Belajar ke Banyuasin

foto / waluyo

Banyuasin – Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyuasin kedatangan tamu dari Kota Pasuruan Provinsi Jawa Timur.  Kedatangan rombongan TP PKK Kota Pasuruan yang di Ketuai oleh Rini Wijajati, disambut hangat oleh TP PKK Kabupaten Banyuasin yang dipimpin Karwana didampingi Ketua DWP Kabupaten Banyuasin Erni Firmansyah di Rumah Dinas Bupati Banyuasin, Pangkalan Balai Jumat (28/4).

“Kedatangan kami (PKK Pasuruan-red) kesini ingin mengetahui bagaimana inovasi yang dilakukan Pemkab Banyuasin yang bekerja sama dengan PKK Kabupaten Banyuasin dalam rangka Pelaksanaan perilaku perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di Kabupaten Banyuasin,” ujarnya.

Keberhasilan Pemkab Banyuasin ditingkat nasional menjadi daya tarik tersendiri bagi Kota Pasuruan untuk belajar banyak hal dalam pelaksanaan PHBS di Kabupaten Banyuasin.

”Saya mendengar banyak hal tentang Banyuasin, terlebih soal prestasi enam besar tingkat nasional dalam PHBS,” sambung Istri Walikota Pasuruan Setiyono ini.

Sementara itu Ketua TP PKK Kabupaten Banyuasin Karwana, pada kesempatan tersebut memaparkan secara singkat bagaimana melatih dan membina kader di kecamatan hingga desa. Juga menjelaskan terkait program-program apa saja yang telah dan akan dilakukan oleh PKK Kabupaten Banyuasin. Selain itu juga dipaparkan mengenai Keberhasilan Kabupaten Banyuasin di bidang PHBS dalam kancah nasional.

“PKK adalah mitra pemerintah daerah. Kita harus mendukung segala program yang diusung oleh pemerintah daerah. Pemerintah dan PKK harus bersinergi untuk menyukseskan 10 program pokok PKK. Alhamdulillah, Pemkab Banyuasin sangat mendukung setiap program PKK,” papar Karwana.

Usai melakukan paparan program kegiatan, keduanya melakukan tukar menukar cinderamata dan kerajinan khas masing-masing daerah. Pada kesempatan tersebut, rombongan melakukan dialog kepada sejumlah pengurus PKK. Selanjutnya rombongan bertolak mengunjungi Desa Sembawa untuk melihat kondisi Desa berperilaku PHBS di Kabupaten Banyuasin.

Seperti diketahui, Kabupaten Banyuasin meraih sukses dengan ditetapkan sebagai pemenang lomba pelaksana terbaik lomba PKK-KB-Kesehatan, lingkungan bersih dan sehat, pos pelayanan terpadu, dan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dalam rumah tangga dalam rangka Hari Keluarga Nasional XXIII tahun 2016. Kabupaten Banyuasin merupakan salah satu dari enam kabupaten yang masuk ke babak enam besar. (korankito.com/waluyo/amel)