Bisa Dipercaya

Pempek Berbentuk Tumpeng Meriahkan Festival Kuliner Khas Palembang

Palembang – Puluhan tumpeng pempek berjejer di meja dengan berbagai macam kreasi dalam acara lomba Festival Kuliner Khas Kota Palembang yang di gelar di halaman Museum SMB II, Sabtu (29/4). Jika biasanya tumpeng dibuat dari olahan beras yang dicampur dengan beras ketan dan dihiasi dengan berbagai macam lauk-pauk disekelilingnya. Namun di Festival Kuliner Khas Kota Palembang kali ini, tumpeng dibuat dari kuliner khas Palembang yang sudah mendunia yaitu pempek yang disusun seperti tumpeng dengan berbagai kreasi, mulai dari bentuk dan warna-warni yang sangat unik.

Walikota Palembang Harnojoyo mengungkapkan, lomba kreasi pempek ini diselenggarakan dalam rangka upaya mempromosikan pempek sebagai kuliner andalan Kota Palembang dengan kemasan yang lebih menarik.

“Saat ini siapa yang tidak kenal pempek, saat orang ingat Palembang pasti ingat pempek, bukan hanya nasional bahkan pempek sudah mendunia, namun kedepan kita harus menciptakan inovasi-inovasi baru terhadap tampilan pempek, agar terkesan tidak bosan dan lebih menarik, seperti hari ini kita lihat, betapa menariknya kreasi tumpeng pempek, semakin menambah mewah kemasannya, dan ini bisa menarik orang untuk semakin mencintai pempek” ungkap Harnojoyo usai membuka festival kuliner khas Kota Palembang bersama Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda.

Berita Sejenis
1 daripada 3.088

Lebih lanjut Harnojoyo mengatakan Pemkot Palembang menargetkan pempek akan menjadi kuliner terfavorit nomor satu.

“Saat ini pempek berada di nomor tiga makanan terfavorit dibawah ayam Taliwang, kedepan kami yakin dengan inovasi yang kita lakukan akan menghantarkan pempek menjadi nomor satu” katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang Isnaini Madani menjelaskan festival kuliner ini diikuti lebih dari 200 peserta dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Palembang, Pelaku jasa wisata, masyarakat umum dan pelajar di Kota Palembang.

“Selain lomba pembuatan pempek dan kreasi tumpeng pempek, festival ini juga melombakan kreasi pembuatan srikaya, dan juga lomba pengetahuan kuliner Kota Palembang untuk pelajar” Pungkas Isnaini. (korankito.com/yuni/amel)