Universitas PGRI Palembang Kembali Targetkan Menjadi Juara di Porsemanas 2017

Palembang – Sebanyak 106 atlet dari Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia (UPGRI) Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) ikut ambil bagian dalam Pekan Olahraga dan Seni Mahasiswa Nasional (Porsemanas) III tahun 2017.

Tuan rumah pelaksana Porsemanas III tahun 2017 sekaligus Rektor UPGRI Palembang, Sumsel Syarwani Ahmad mengatakan, pihaknya menargetkan untuk dapat meraih gelar juara umum yang ketiga kalinya.

“Kita targetkan menang di tempat kita, mengingat di tempat orang kita juga juara. Namun kita tidak akan sombong atau arogan karena menjadi tuan rumah. Tetap saya sampaikan junjung tinggi sportifitas,” ujarnya seusai pembukaan Porsemanas III 2017 di Dinning Hall Asrama Atlet Jakabaring Palembang, Rabu (26/4).

Dijelaskannya, total pesertanya ada 647 orang mahasiswa dan 250 orang official dari 26 perguruan tinggi PGRI di seluruh Indonesia. Nantinya, mereka akan memperebutkan medali emas, perak dan perunggu di 10 cabang olahraga dan 10 tangkai lomba seni.

Dimana untuk olahraga ada lomba atletik, pencak silat, karate, taekwondo, bola volly, catur, tenis meja, tenis lapangan, buku tangkis dan futsal. Sedangkan untuk tangkai seni ada lomba menyanyikan lagu pop, dangdut, keroncong, baca puisi, fhoto berwarna, film pendek, poster, penukisan cerita pendek (cerpen), tari kreasi dan stan up comedy.

“Untuk pertandingan olahraga akan digelar di Venue Jakabaring sesuai dengan cabangnya masing-masing. Sedangkan untuk tangkai lomba seni semuanya dilaksanakan di kampus UPGRI Palembang yang terletak di jalan A Yani, Plaju Palembang,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua PGRI Sumsel Ahmad Zulinto menambahkan, pihaknya sangat mengharapkan lahirnya atlet dan seniman berprestasi yang dapat mengharumkan nama Sumsel baik di kancah nasional maupun internasional.

“Disini tim jurinya benar-benar objektif, jadi semua yang berkompetisi disini akan menjadi wadah penyaringan mahasiswa yang berprestasi baik dibidang olahraga maupun seni,” katanya.

Porsemanas sendiri dilaksanakan setiap empat tahun sekali dan digelar secara bergilir di perguruan tinggi PGRI di seluruh Indonesia. Untuk tahun ini, Porsemanas dilaksanakan di UPGRI Palembang, Sumsel dari 25-30 April mendatang. (korankito.com/ejak/amel)