Peringatan Hari Bumi, Aktivis Ajak Masyarakat Jaga Lingkungan

Palembang – Ratusan peserta anak muda yang terdiri dari, penggiat alam, komunitas atau organisasi, pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum berpartisipasi dalam peringatan hari Bumi di Kambang Iwak. Para peserta turun langsung ke jalanan sembari membawa tanaman untuk mengkampanyekan “Kelestarian Bumi Peran Kita Semua”, dengan melakukan long march yang dimulai dari Bentang Kuto Besak (BKB) dan finish di Kambang Iwak, Sabtu (22/4).

Kepala Dinas Lingkungan hidup dan Kebersihan Faisal  AR mengatakan, bumi sebagai tempat kita hidup harus dijaga kelestariannya. Banyaknya musibah alam yang terjadi saat ini seperti banjir, tanah longsor kebakaran hutan yang terkadang dikarenakan ulah dari tangan jahil manusia yang tidak bisa menjaga alamnya.

Sehingga menjadikan bumi dalam keadaan kritis saat ini. Karena itu sudah sepatutnya manusia untuk sadar dan tidak lagi melakukan pengrusakan pada alam guna menghindari bumi dari kehancuran.

“Saya atas nama Walikota Palembang mengimbau kepada mayarakat, mahasiswa dan pelajar untuk selalu menjaga dan mencintai kebersihan dilingkungan sendiri agar bumi tidak murka,” ungkap Faisal di depan para penggiat lingkungan.

Selain itu juga tambah Faisal, masyarakat harus mulai membiasakan diri untuk menjaga kebersihan lingkungan. Salah satunya dapat mencontoh apa yang telah dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui kegiatan gotong-royong yang selalu dilakukan setiap hari Minggu pagi.

“Apa yang dilakukan jajaran Pemkot Palembang dan Bapak Harnojoyo sebagai pemimpin Kota Palembang ini setidaknya patut untuk dicontoh. Atau kalau tidak bisa membersihkan tidak ngotori jadilah sesuai dengan motto kita,” katanya.

Senada yang disampaikan Ketua Panitia Alan mengatakan, menjaga bumi merupakan tanggungjawab bersama agar terhindar dari murkanya.

“Salah satu kegiatan yang kita lakukan untuk memperingati hari Bumi ini menyadarkan mayarakat agar mencintai lingkungan dengan mengajak masyarakat untuk menanam pohon,” ungkap Alan. (korankito.com/dodi/amel)