Terima Rp123 Juta, Kades Manggul Kena OTT

Kades Manggul… berikut barang bukti uang Rp123 juta diamankan di polres Lahat.foto/ujang

Lahat–Berdalih akan mengurus Izin Mendirikan Bangunan (IMB) di wilayah desa kekuasaannya, Parlen Pardede (36), Kepala Desa (Kades) Manggul, Kecamatan Lahat, Kabupaten Lahat, berurusan dengan pihak berwajib. Pasalnya, sekitar pukul 15.30, Kamis (20/4), ia terkena operasi tangkap tangan (OTT) saat menerima uang sebesar Rp123 juta dari seorang develover di kediamannya.

Tertangkapnya Pardede ini berawal dari laporan No : LPA- 045/IV/2017/SS/RES LHT tanggal 20 April 2017. Substansi kasus ini telah tertangkap tangan tindak pidana korupsi dan atau pemerasan oleh pelaku. Selain itu berdasarkan keterangan para saksi, Lutfi Apandi (42), warga Aspol Bandar Agung, Kecamatan Lahat, dan Deni Heriyanto (35), warga Aspol Gunung Gajah Kecamatan Lahat, kedua saksi merupakan anggota Polri yang bertugas di Lahat

Berdasarkan informasi yang dihimpun, tersangka baru akan memberikan tanda tangan dan izin kepada korban untuk mendirikan tower di kawasan Desa Manggul, apabila korban memberikan uang sejumlah Rp123 juta.

Kapolres Lahat AKBP Roby Karya Adi, SIK melalui Kasat Reskrim AKP Ginanjar, membenarkan adanya penangkapan dan penahanan terhadap Kades Manggul, Kecamatan Lahat atas kasus tindak pidana korupsi tersebut.

“Pardede ini terlibat dalam pemerasan terhadap develover perumahan yang hendak membuat IMB. Dia baru mau membubuhkan tanda tangan, kalau dirinya terima uang dalam jumlah tersebut. Sementara kasus ini masih kita kembangkan, untuk penyelidikan lebih lanjut,” ujar Ginanjar. korankito.com/ujang/drsd