HUT ke-10 Empatlawang, Gelar Expo dan Festival Saling Keruani Sangi Kerawati

Empatlawang – Memeriahkan HUT ke-10 Kabupaten Empatlawang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empatlawang menggelar acara Empatlawang Exspo dan Festival Saling Keruani Sangi Kerawati, yang diikuti puluhan peserta terdiri dari puluhan grup seni tari anak muda asli Empatlawang, Rabu (19/4).

Acara yang digelar dilapangan Pulo Mass Kecamatan Tebing Tinggi ini dihadiri juga oleh Bupati H Syahril Hanafiah beserta jajaran Pemkab Kabupaten Empatlawang diikuti juga sejumlah tokoh masyarakat lainnya.

Pagelaran yang diisi dengan berbagai lomba tari kreasi dan budaya ini dibuka dengan pemukulan gong dan jimbe oleh Bupati.

Dalam sambutannya, Bupati Empatlawang, H Syahril Hanafiah menjelaskan, pagelaran tersebut diadakan guna meningkatkan nilai persatuan dan kesatuan masyarakat dalam mengenal budaya Kabupaten Empatlawang melalui seni.

“Hal ini kita wujudkan guna mempererat tali persatuan dan kesatuan masyarakat terutama anak muda untuk lebih mengenal dan memahami budaya kota kelahiran mereka melalui lomba seni dan budaya,” jelas Syahril.

Selain itu, ia juga menegaskan bahwa pagelaran tersebut diadakan untuk meningkatkan kesadaran anak muda untuk menjaga serta melestarikan kesenian dan budaya kota kelahiran mereka dengan menggali potensi para peserta lomba tari seperti ini.

“Masyarakat juga harus menjaga budaya kota kelahiran mereka dengan menunjukan potensi dan keahlian seni mereka terutama anak muda yang kedepannya dapat menjadi panutan mereka dalam melestarikan budaya kota kelahiran sendiri,” ungkapnya.

Selain pembukaan acara lomba, Bupati juga memperkenalkan untuk pertamakalinya layanan pemerintah dan kepolisian dengan membuka layanan mobil samsat keliling yang nantinya akan mempermudah masyarakat dalam urusan registrasi SIM dan izin lainnya.

Usai memperkenalkan layanan samsat keliling, Bupati beserta jajaran melihat langsung aneka stan yang dibuka untuk masyarakat yang hadir dalam pagelaran tersebut.(korankito.com/krdo/amel).