Bisa Dipercaya

Jelang Penilaian Indek Tata Kelola, Polres Muba Berbenah

AKP Rio Artha Luwih, Kasat Lantas Polres Muba. Foto/Heri

Sekayu – Untuk meningkatkan pencapaian kinerja anggota kepolisian, Polres Musi banyuasin (Muba) mengadakan persiapan penilaian pengukuran Indek Tata Kelola (ITK) Polri tingkat Polres.

Kapolres Muba AKBP  Rahmat Hakim melalui Kasat Lantas AKP Rio Artha Luwih saat disambangi media ini dikantornya, Selasa (18/4) mengatakan, bahwa ada dua Polres  yang ada di Polda Sumsel yang ikut penilaian Index Tata Kelolah ( ITK) Polri, yaitu Polres Mura dan Polres Muba.

Berita Sejenis
1 daripada 3.104

“Sekarang  kita lagi berbenah mempersiapkan penilaian, menuju Polri yang profesional dan mandiri. Kepolisian mencanangkan reformasi Polri yang meliputi tiga aspek yaitu instrumental, struktural dan kultural,” ujar perwira yang baru satu bulan bertugas di Polres Muba ini.

Dalam proses penilaian ITK Polri di lingkungan Polda Sumsel, khususnya Polres Muba, akan membahas tentang upaya Polri dalam mengimplementasikan program reformasi birokrasi polri melalui ITK.

“ITK merupakan instrumen untuk mengukur kinerja dan capaian program berdasarkan prinsip tata kelola kepolisian yang baik, yang bersifat objektif dan komprehensif sebagai landasan untuk pengambilan kebijakan, ” ujarnya.

Selanjutnya, ITK mencoba mengukur sejauh mana reformasi kultural di tubuh Polri telah bergulir, sehingga perubahan-perubahan yang telah terjadi dapat dilihat secara jelas berdasarkan fakta data serta persepsi publik pengguna jasa Polri.

Rio Artha menambahkan, tujuan pelaksanaan kegiatan ini nantinya adalah sebagai penilaian kinerja para anggota Polri di lingkungan Polda, khususnya PolresMuba , berdasarkan anggaran yang telah diberikan oleh pemerintah kepada Polres Muba.

“Untuk selanjutnya meningkatkan sinergitas dengan stake holder atau instansi yang lainnya dalam menanggulangi gangguan kamtibmas dilingkungan Polres Muba, terutama dalam mengatasi masalah narkoba,” jelasnya. (korankito.com/heri/fran)