Wajib Tahu! 9 kesalahan Umum Dalam Memasak

Berikut ini adalah kesalahan yang tergolong umum namun tanpa sadar sering kita lakukan saat memasak.

 

verywell.com

1.Salah dalam menggunakan minyak.
Ada beberapa jenis minyak yang berbeda, contohnya saja minyak zaitun. Kamu mungkin yang awam tentang urusan minyak. Minyak zaitun sebaiknya digunakan untuk menumis atau menggoreng yang prosesnya cepat karena minyak zaitun tidak bisa digunakan untuk suhu yang terlalu panas. Minyak zaitun yang kamu gunakan untuk proses memasak yang lama akan membuat minyak tersebut pecah dan nutrisinya hilang.

2.Memasak daging tidak pada suhu yang tepat.

woman.at

Daging yang ingin kamu masak langsung dari pasar berbeda dengan daging yang baru keluaar dari kulkas. Daging yang langsung kamu beli dan masak lebih memiliki kematangan yang merata. Tidak seperti daging yang baru keluar dari kulkas. Untuk itu, sebelum memasak daging yang baru keluar dari kulkas, kamu perlu mendiamkannya paling tidak 30 menit agar sesuai dengan suhu ruangan.

3.Tidak mencicipi makanan sebelum menyajikannya.

livestrong.com

Penting untuk mencicipi dahulu makanan yang sudah kamu masak sebelum kamu mencoba menyajikannya. Mungkin tidak apa-apa jika hanya kamu yang memakannya. Masalahnya adalah saat kamu menyajikannya untuk orang lain, kamu perlu memastikan masakan tersebut memiliki komposisi rasa yang pas.

4.Tidak memotong daging dengan benar.

titissyamsiahblog.wordpress.com

Memotong daging yang salah bisa menyebabkan dagingmu kenyal. Begini tipsnya, kamu harus memotong daging melawan arah seratnya agar daging menjadi empuk saat sudah dimasak. Memotong daging searah dengan serat akan membuat daging jadi alot.

5.Memasak bawang putih terlalu lama.

bugarfit.com

Jika kamu ingin memasak dengan suhu tinggi, maka sebaiknya kamu memasukkan bawang putih pada pertengahan memasak dan bukan di awal. Memasaknya di awal dengan suhu tinggi akan membuatnya gosong.

6.Memasak telur orak-arik dengan api yang terlalu tinggi.

bawarchi.com

Memang memasak telur dengan api tinggi akan membuatnya cepat matang, tapi bisa membuat telur orak-arikmu menjadi kering dan tidak mengembang. Sebaiknya kamu memasak telur dengan api sedang agar mendapat tekstur yang tepat.

7.Membalik daging terlalu sering.
Yang benar adalah kamu membalik daging saat permukaannya sudah masak. Jika kamu sering membaliknya, justru matangnya tidak akan merata. Semakin jarang kamu membalik dagingnya maka itu semakin baik.

8.Tidak membaca resep sampai selesai.

thebabybirds.com

Membaca resep adalah hal paling utama bagi pemula, tapi kebanyakan kesalahan yang terjadi adalah kamu tidak membacanya sampai selesai. Saat kamu sudah membacanya sampai selesai maka kamu akan tahu apa yang harus kamu lakukan saat memasak.

9.Panci atau wajan yang terlalu penuh dengan masakan

resepkoki.co

Adakalanya ketika memasak, kita memaksakan diri untuk memasukkan semua bahan makanan ke dalam panci atau wajan yang ukurannya tidak sesuai. Jika hal ini sering terjadi, maka lebih baik Anda menggunakan panci atau wajan yang memiliki ukuran cukup besar dan mengatur takaran bahan makanan.

Semoga Bermanfaat! (Korankito.com/berbagaisumber/mbam)