Serap Tenaga Keja, SMKN 5 Palembang Gandeng Alfamind

Palembang – Sedikitnya 60 siswa dari 422 siswa calon lulusan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 5 Palembang mengikuti tes seleksi penerimaan tenaga kerja disalah satu perusahaan retail Alfamind, Senin (17/4). Tes seleksi ini diselenggarakan di SMKN 5 Palembang dengan langsung diawasi oleh pihak perusahaan sebagai penyedia lowongan pekerjaan.

Kepala SMKN 5 Palembang Zulfikri mengatakan, tes seleksi ini merupakan kerjasama perdana antara pihaknya dengan pihak Alfamart untuk menyerap lulusannya secara langsung. Sedikitnya 60 siswa calon lulusan SMKN 5 Palembang dari jurusan akuntansi, administrasi perkantoran, pemasaran dan multimedia komunikasi yang mengiikuti tes seleksi ini.

“Kami berharap agar mereka semua dapat terserap menjadi karyawan diperusahaan tersebut. Sebab kami telah membekali siswa kami dengan ilmu pengetahuan dan etika baik dari penampilan maupun pekerjaannya,”ujarnya saat ditemui diruang kerjanya.

Selain itu, pihaknya juga meminta kepada siswa calon lulusannya agar melaporkan kepihak sekolah baik melalui media sosial atau datang langsung kesekolah kalau diterima bekerja ataupun mendaftar diperguruan tinggi.

“Tujuannya memang SMK itu orientasinya lebih condong kedunia industri dibandingkan kuliah. Namun kami imbau kepada lulusan baik yang baru akan lulus ataupun yang sudah lama agar dapat melaporkan kesekolah kalau mereka sudah bekerja atau melanjutkan pendidikannya. Hal ini sebagai acuan untuk meningkatkan predikat sekolah,” imbaunya.

Sementara itu Markerting Alfamind Palembang Holmes Siregar menambahkan Alfamind merupakan toko Virtual Tiga Dimensi yang merupakan besutan dari Alfarmart.

Untuk saat ini ada dua tes yang harus diikuti para peserta yakni tes tertulis (psikotes dan pengetahuan umum) serta wawancara, dimana selain kedua hal tersebut yang utama harus dimiliki calon karyawan ialah berkepribadian baik, berpenampilan menarik dan jujur.

“Untuk jumlah serapannya saya belum update, sebab kita juga berencana membuka cabang baru disini. Seleksinya sendiri dengan sistem gugur, dan yang lulus hari ini akan ikut tes selanjutnya yang masih tentative baik waktu dan lokasinya. Pasalnya mereka ini belum mempunyai bukti kelulusan,” tukasnya. (korankito.com/eja/amel)