Kinerja Pemkab OKI Peringkat Terbaik di Sumsel

PENGHARGAAN : Sekretaris Daerah OKI H Husin menunjukkan piala dan piagam penghargaan terbaik pertama tentang kinerja pemerintah daerah, Ahad (16/4). Foto/Endri.

OKI – Kinerja Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OI) mendapat peringkat  terbaik pertama dari 15 kabupaten dan kota se-Sumatera Selatan (Sumsel). Penilaian ini berdasarkan hasil  evaluasi laporan penyelenggaraan pemerintah daerah (ELPPD).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten OKI, H Husin mengatakan, ELPPD merupakan upaya pemerintah pusat dalam menilai keberhasilan daerah terhadap pelaksanaan otonomi daerah.

“Sesuai ketentuan pasal 9 PP Nomor 3 tahun 2007,  pemerintah daerah berkewajiban menyampaikan LPPD setiap tahun kepada pemerintah pusat melalui gubernur paling lambat tiga bulan setelah berakhirnya tahun anggaran,’’ ujar Husin, Ahad (16/4).

Untuk 2015, katanya, LPPD OKI tergolong tepat waktu yakni diawal Maret 2016. Bahkan untuk LPPD pada 2016 sudah disampaikan pada Maret lalu dan pengumuman hasil LPDD 2016 akan dilakukan akhir tahun ini. ‘’Kita optimistis akan kembali mendapat nilai terbaik,” ujar Husin didampingi Kasubag Humas dan Pemberitaan Setda Pemkab OKI Adiyanto.

Menurut Sekda, evaluasi dilakukan pada beberapa elemen seperti ditataran pengambil kebijakan, yakni kinerja kepala daerah, DPRD serta tataran pelaksana kebijakan, yakni kinerja satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

“Ditataran pengambil kebijakan kita mendapat skor tinggi diangka 3,44 atau meraih kategori sangat tinggi, di tataran pelaksanaan kebijakan daerah juga mendapat prestasi kategori tertinggi dengan skor 3,43 sehingga hasil ElPPD OKI secara keseluruhan mampu mencapai skor 3,46 atau dengan kategori prestasi sangat tinggi,”papar Husin.

Ia mengungakpkan, atas prestasi tersebut Bupati OKI H Iskandar menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh jajaran aparatur pemerintah dan masyarakat. ‘’Penghargaan ini tidak lepas dari kinerja aparatur Pemkab OKI yang tentunya tidak bisa terwujud tanpa dukungan semua komponen masyarakat,’’ tegasnya.

Semoga, tambahnya, penghargaan yang telah didapat pada tahun lalu akan kembali dipertahankan bahan ditingkatkan, sehingga menjadi pemacu semangat Pemkab OKI untuk terus mewujudkan kinerja pemerintahan yang terbaik demi masyarakat. korankitocom/endri/syym.