Empat Kawanan Pencuri Truk Diciduk Polres Muaraenim

PENCURI TRUK : Empat pencuri truk Fuso (tidak pakai baju) beserta barang bukti truk Fuso diamankan Polres Muaraenim dan Polsek Gunung Megang, Jumat (14/4) malam.

Muaraenim – Tim gabungan Polres Muaraenim dan Polsek Gunung Megang tangkap empat dari enam kawanan spesialis pencuri  truk di daerah Gunung Megang.

Operasi penangkapan tersebut bermula dari laporan pihak PT Dratama Mulya yang menyebutkan hilangnya sebuah truk Fuso di parkiran SPBU Talang Padang Dusun IV, Desa Dalam, Kecamatan Blimbing, Muaraenim, pada Kamis (13/4) sekitar pukul 06.00.

Menurut Kabag Humas Polres Muaraenim AKP Arsyad, tim reskrim Polsek Gunung Megang langsung melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). ‘’Kemudian setelah berkoordinasi dengan Polres Ogan Ilir diketahui Fuso telah bergerak ke arah Lampung dikemudikan Yudi Maulana dan langsung dilakukan pengejaran,’’ katanya, Ahad (16/4).

Saat ditangkap, papar Arsyad, pengemudi Yudi Maulana mengaku diperintah bos bernama Jonison yang berada di Lampung. Petugas lalu memancing Jonison untuk menemui Yudi pada Jumat (14/4) pukul 03.00 di wilayah Ogan Ilir. ‘’Saat itulah keduanya ditangkap beserta barang bukti sebuah truk Fuso,’’ ujar Arsyad.

Hasil pengembangan, tambahnya, muncul nama Komaruddin dan Dedi yang diduga sebagai ‘’pemetik’’ (pelaku pencuri) dan langsung dilakukan pengejaran. Dalam pengejaran dua tersangka itu, petugas sedikit mengalami kesulitan sebab Dedi dan Komaruddin selalu berpindah tempat yakni Prabumulih, PALI, Rambang Dangku, Sungai Rotan, namun akhirnya tersangka dicokok di SPBU Lebak pada Sabtu (15/4) sekitar pukul 21.00.

“Dari keterangan tersangka Komarudin dan Dedi menyebutkan ternyata pemetik Fuso itu adalah Ilham dan Reno yang saat ini masih dalam pengejaran,’’ tutur Arsyad.

Pemeriksaan awal mengungkapkan, Yudi berperan sebagai pengemudi truk dari Ogan Ilir ke Lampung, Jonison sebagai pembeli, Komaruddin merupakan perantara jual beli sedangkan Dedi membantu proses perjalanan Fuso ke Lampung. Dua tersangka yang buron Ilham dan Reno pelaku utama pencuri truk Fuso tersebut. korankito.com/hafiz/syym.