60 Peserta Ikuti UNPK Paket C

UNPK PAKET C : Satu dari 60 peserta tengah mengikuti UNPK paket C, Ahad (16/4). Foto/Ujang.

Lahat – Sebanyak 60 peserta ikuti ujian naional program kesetaraan (UNPK) paket C (setara SMA) di SMA Sangsapurba, Lahat, Ahad (16/4).

Menurut Ketua Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Gunung Sari Syafaruddin, pelaksanaa UNPK digelar dua gelombang yakni Sabtu (15/4) dan Ahad (16/4). ‘’Peserta berasal dari Merapi, Kikim, Kota Lahat, Tanjung Enim dan Lubuk Linggau. Mereka merupakan para pekerja di perusahaan pertambangan dan swasta lainnya,’’ katanya.

Sedangkan meteri soal, tambah Syafaruddin berasal dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaam (Kemdikbud) yang terdiri dari pelajaran Bahasa Indonesia, Goegrafi, Matematika, Kimia, Bahasa Inggris, Ekonomi, Pendidikan Kewarganegaraan, dan Biologi.

Syafaruddin mengungkapkan, untuk lulusan ujian paket C setara SMA dan menerima ijazah bisa melanjutkan pendidikannya ke tingkat lebih tinggi maupun melamar pekerjaan.

“Ijazah paket C berlaku dan bisa dipergunakan untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat lebih tinggi lagi, dimana, sejauh ini, sudah ada lulusan yang diterima di perguruan tinggi (PT),” katanya.

Ungkapan senada juga diutarakan salah seorang peserta UNPK Paket C Din yang mengaku, dirinya bekerja di perusahaan swasta, sehingga baru bisa melanjutkan pendidikan setara SMA. “Alhamdulillah, sejak lulus SMP memang saya langsung bekerja, dan inilah kesempatan untuk menimba pendidikan, kendatipun harus paket C,” ucapnya. korankito.com/ujang/syym.