Bisa Dipercaya

Produksi Durian Lubuklinggau Terbesar Di Sumsel

Kepala Dinas‎ Pertanian Kota Lubuklinggau Subandio Amin. Foto/Dhia

‎Lubuklinggau – Kepala Dinas‎ Pertanian Kota Lubuklinggau Subandio Amin mengklaim, hasil produksi durian di Bumi Sebiduk Semare terbesar dibandingkan dengan kabupaten/kota di Sumatera Selatan (Sumsel). Saat ini, pihaknya fokus melakukan pengembangan teknologi sistem pemupukan supaya durian dapat panen tiga kali dalam setahun.

“Saya berani mengatakan jika produksi durian dari daerah kita terbanyak di Sumsel. Ada sekitar 1000 hektare tanaman durian yang tersebar di beberapa kelurahan. Kalau tidak percaya ikut saya pantau langsung ke lapangan,” ujarnya.‎

Menurutnya, dari 72 kelurahan yang ada di Kota Lubuklinggau, ada beberapa kelurahan yang fokus menanam durian, antara lain Kelurahan Jukung, Air Kati, Lubuk Binjai‎, Marga Bhakti, Margo Rejo, Lubuk Durian, Kayu Ara, Ulak Lebar, Pelita Jaya dan Ulu Malus. “Bayangkan saja setiap hektare lahan itu ada sekitar 100 pohon durian dan setiap pohon rata-rata dapat menghasilkan 50 sampai 100 buah durian,” bebernya.

Biasanya, panen durian terjadi pada Oktober, November dan Desember. Namun, ada juga beberapa batang durian yang berbuah dibulan lainnya. “Itu namanya buah selang, tapi jumlahnya tidak banyak. Kalau panen agung buah durian terjadi di akhir tahun,” kata Subandio.

Untuk meningkatkan produksi buah durian, pihaknya bakal menerapkan pengetahuan sistem teknologi pemupukan. Dia menyakin‎i teknologi ini mampu meningkatkan produksi panen durian menjadi tiga kali setahun.

“Penerapan teknologi pemupukan dilapangan masih menjadi kendala para petani. Jadi kami dapat katakan produksi durian di Lubuklinggau terbesar di Sumsel dengan bukti nyata yang ada dilapangan,” pungkasnya. korankito.com/dhia/syym.