Nyamar Jadi Ibu Hamil, Anggota Polsek IT I Tangkap Copet

Palembang-Dengan cara menyamar sebagai ibu hamil, anggota Unit Reserse Kriminal (Reskrim) Polsek IT I Palembang berhasil menangkap seorang terduga copet yang sering meresahkan pengunjung pasar 16 Ilir.

Tersangka berinisial Yogi Bermi (20) ditangkap saat hendak mencopet petugas kepolisian yang sedang menyamar tersebut, di Pasar 16 Ilir, Kecamatan IT I Palembang, Jumat (14/4) siang.

Kapolsek IT I Palembang Kompol Rivanda membenarkan adanya penangkapan tersebut. Menurutnya, tertangkap pelaku berawal dari pihaknya melakukan pengembangan terhadap pelaku sebelumnya.

“Kami melihat adanya pelaku dan hendak melancarkan aksinya kepada petugas kita yang sedang menyamar, jadi langsung saja kita bekuk pelaku. Dia sempat melawan, tetapi berhasil kita amankan,” katanya.

Mengingat maraknya aksi pencopetan di Pasar 16 Ilir, Rivanda mengimbau kepada masyarakat untuk tidak menggunakan perhiasan yang mencolok saat berbelanja​ di kawasan Pasar 16 Ilir.

“Kalau memang menjadi korban pencopetan, segera melaporkan kepada kita agar cepat kita tindak lanjuti. Kita juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dimana pun berada,” tuturnya.

Sementara itu, tersangka Yogi mengatakan ia beraksi bersama ketiga temannya. Dijelaskannya, modus yang ia gunakan dengan cara mengalihkan korban, serta ada yang eksekusi dan ada membawa kabur barang curian.

“Kami beraksi bertiga, jadi ada yang menerima barang, ada yang mengeksekusi dan mengalihkan perhatian,” kata warga Jalan Sekojo RT 05 Perumahan Griya Indah Kelurahan Sematang Borang Palembang ini.

Ditambahkan Yogi, barang-barang yang diincar komplotannya berupa ponsel dompet warga yang sedang berbelanja. Menurutnya, dengan bekerja sama ia dalam satu komplotan dalam satu hari banyak mendapatkan korban.

Menurutnya Yogi, ia memang sudah sering melancarkan aksinya itu. Terakhri, mencopet ponsel merek Xiaomi note 3 milik Shindy yang disimpan di saku baju sebelah kiri. “Teman aku sudah ada yang tertangkap, saat tahu teman tertangkap aku sempat kabur. Tetapi, setelah suasana sudah mulai tenang aku kembali beraksi,” pungkasnya. (korankito.com/depe/fran)