Lemkari Sumsel Gelar Gashuku dan Yudansha

Palembang-Perguruan Lembaga KarateDo Indonesia (Lemkari) menggelar ujian kenaikan tingkat (Gashuku) dan ujian kenaikan Dan (Yudansha) yang digelar di Asrama Haji Sumsel, yang diikuti 120 karateka di Asrama Haji 14-16 April yang lalu

Ketua Pengprov Lemkari Sumsel Muhammad Hatta, mengatakan Gashuku kali ini berbeda dari biasanya karena dihadiri langsung oleh Dewan Guru Nasional. Mayoritas Dewan Guru itu sendiri merupakan karateka yang levelnya diatas Dan 6.

“Jadi kegiatan ini untuk mempersiapkan atlet karateka dan teknik yang lebih baik. Teknik ini langsung dari dewan guru Lemkari, dan juga penyeragaman teknik dan pengajaran teknik baru,” ujar Hatta disela-sela kegiatan.

Peserta sendiri tidak begitu banyak lantaran kegiatan kali ini difokuskan untuk mereka yang akan naik tingkat kelevel sabuk hitam, Dan 1, Dan 2, Dan 3 serta Dan 4.

Gashuku ini sendiri merupakan kegiatan tingkat nasional yang diadakan di zona satu. Sumsel sendiri tergabung di zona ini, dan kesempatan yang baik ini harus dimanfaatkan agar tercipta kader-kader yang bisa mengembangkan ilmu karate dimasyarakat luas nantinya.

“Tentunya, harus serius karena nantinya kita akan melahirkan atlet serta karateka yang baik. Sehingga mereka bisa menyebarkan ilmu karate yang baik,” tukasnya. (korankito.com/resh/amel)