Satu dari Empat Bajing Loncat Didor Polisi

BAJING LONCAT : Muhammad Aidil (duduk di sepeda motor) tersangka bajing loncat ditangkap petugas Polsek Kertapati, Rabu (12/4). Foto/Depe

Palembang- Satu dari empat kawanan bajing loncat yakni Muhammad Aidil (21) warga Jalan Mataram, Lorong Permata Hijau, Kelurahan Kemas Rindo, Kecamatan Kertapati Palembang ditangkap anggota Polsek Kertapati​.

Tersangka ditangkap saat sedang melancarkan aksinya di Jalan Yusuf Singadekane, Kelurahan Keramasan, Kecamatan Kertapati Palembang, Rabu (12/4) sekitar pukul 02.00.

Tersangka terpaksa dilumpuhkan oleh anggota Unit Reserse Kriminal (Reskrim) Polsek Kertapati Palembang, lantaran mencoba melawan dan kabur dari petugas. Sementara tiga pelaku lainnya AY, KN dan AR masih buron.

Kapolsek Kertapati AKP Delli Haris didampingi Kanit Reskrim Iptu M Uzir mengatakan, tertangkapnya pelaku berawal dari adanya informasi masyarakat yang resah terhadap kawanan pelaku bajing loncat.

“Menindaklanjuti pengaduan masyarakat itu, kita melakukan penyamaran dan mengikuti gerak-gerik kawanan pelaku. Lalu, saat pelaku beraksi, kita langsung melakukan penangkapan,” jelasnya saat dikonfirmasi.

Delli menambahkan, modus operandi yang digunakan pelaku memepet mobil truk yang dikemudikan oleh korban. Lalu, seorang pelaku naik ke bagian belakang dan mengambil barang yang ada di mobil tersebut. “Jadi barang bukti yang kita amankan, satu karung bawang merah, satu unit sepeda motor Honda Beat nopol BG 4997 RE, terpal dan pisau carter yang digunakan untuk menyobek terpal tersebut,” terangnya.

Atas perbuatannya itu, tersangka akan dikenakan Pasal 363 KUHP dengan ancaman pidana kurungan diatas lima tahun penjara.

Sementara itu, tersangka Aidil mengakui perbuatannya tersebut. Menurutnya, baru pertama kali menjalankan aksinya itu dan bertugas mengumpulkan barang-barang yang sudah diambil dari dalam mobil. “Kalau saya baru satu kali ini beraksi, sedangkan teman-teman saya sudah beberapa kali. Saya hanya diajak oleh teman, itupun belum sempat menikmati hasilnya karena ditangkap polisi terlebih dahulu,” tutupnya. korankito.com/depe/syym.