Puluhan ASN Pemkab Lahat Cek Kesehatan

CEK KESEHATAN : Salah satu ASN Pemkab Lahat lakukan cek kesehatan, Rabu (12/4). Foto/Ujang

 

Lahat – Puluhan aparatur sipil negera (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat lakukan cek kesehatan yang digelar Dinas Kesehatan (Dinkes) Lahat, Rabu (12/4).

Menurut Kepala Seksi (Kasi) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular, Kesehatan Jiwa dan Napsa Dinkes Farlian Fardan, cek kesehatan itu digelar sebagai langkah pencegahan untuk mengetahui kondisi para ASN. Apalagi, paparnya, hamper 90 persen angka kematian orang Indonesia disebabkan penyakit tidak menular (PTM). “Berdasarkan data yang ada, setidaknya 90 persen masyarakat di Indonesia beresiko mengidap penyakit tidak menular (PTM),” katanya, ditemui disela-sela pengecekan kesehatan, Rabu (12/4).

Jadi, tambahnya, tujuan dari pemeriksaan ini agar faktor risiko penyakit tidak menular itu dapat diketahui lebih dini. Gejala penyakit seperti, stroke, kolesterol, asam urat, gula darah, kencing manis. “Pastinya jantung yang mana banyak angka kematian melalui penyakit tidak menular,” urai Farlian.

Upaya dalam pencegahan dini, terang Farlian, penderita harus banyak mengkonsumsi sayur mayur, buah dan aktifitas olahraga, guna mengurangi obesitas.

“Tentunya perbanyak makanan mengkonsumsi sayur, buah dan aktivitas olahraga, sehingga setidaknya mengurangi obesitas,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadiskominfo) Kabupaten Lahat H Agustiar Effendi mengungkapkan, cek ini untuk mengetahui kesehatan dari pegawai, mulai berat badan (BB), tinggi badan hingga lingkar perut, sehingga nantinya dapat diberi himbau kepada mereka. “Ini sangat positif sekali, dengan demikian akan diketahui dan apa yang harus diupayakan, untuk menjaga kesehatan pegawai,” tandasnya. korkitonline.com/ujang/syym