Lelang Jabatan Kepala Dinkes tidak Dilanjutkan

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Empat Lawang Januarsyah Hambali . Foto/Rodi

Empatlawang – Jabatan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Empatlawang yang dilelang beberapa waktu lalu tidak bisa dilanjutkan pelaksanaannya, alias gugur ditengah jalan. Padahal tahapan lelang jabatan Dinkes itu sudah melalui tahapan uji kompetensi dan tes kesehatan, namun harus batal lantaran dua dari empat peserta yang lolos, mengundurkan diri.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Empat Lawang Januarsyah Hambali membenarkan hal itu karena saat ini hanya menyisahkan dua orang saja yang ikut lelang tersebut. Sedangkan dua orang lainnya mengundurkan diri, karena memilih ikut lelang jabatan sekretaris dewan (Sekwan) Empatlawang.

“Minimal peserta lelang itu empat orang, sehingga bisa dipilih tiga orang untuk direkomendasikan ke Pak Bupati, baru nanti beliau menetukan siapa yang memang cocok menduduki jabatan kepala SKPD tersebut,” ujar Januarsyah, Rabu (12/4).

Oleh karenanya, Januarsyah menyebut, pelaksanaan lelang jabatan kepala Dinkes Empatlawang digugurkan dan akan dilelang ulang ditahapan selanjutnya. “Ya batal lelangnya, akan kita lelang dari awal lagi nanti, dua nama yang sudah lolos juga digugurkan, kalau mau ikut lagi nanti, ikut tahapan lelang dari awal lagi juga,” imbuhnya.

Mantan Kepala Kesbangpol Empatlawang ini menjelaskan, empat nama pejabat yang lolos uji kompetensi di Bukit Asam untuk menduduki jabatan Kadinkes yakni, Wiwik Supriyantini jabatan Kepala Puskesmas Pendopo; Chairunisah Kepala Bagian Organisasi Setda Empat Lawang; Darlin Sekretaris Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah; Yulias Sugiantara Plt Sekwan Empat Lawang.

“Dari empat nama itu, dua diantaranya yakni Darlin dan Yulius tidak mendaftar ulang ke kami untuk ikut tahapan lelang selanjutnya. Secara tidak langsung, dianggap mengundurkan diri karena sudah melewati batas waktu yang ditentukan. Tinggal dua nama lagi yang ingin bertarung. Berdasarkan aturan, itu tidak memenuhi syarat lelang. Makanya untuk lelang jabatan Kadikes kita gugurkan,” ucapnya.

Sementara itu, untuk pelaksanaan lelang tiga jabatan lainnya, yakni jabatan Kepala Dishub Empatlawang, Kepala Dinpol-PP Empatlawang dan Sekwan Empatlawang tetap dilanjutkan. “Saat ini sudah melalui tahapan wawancara, tinggal menunggu hasil untuk ditentukan siapa yang akan dipercayai pak Bupati dari rekomendasi Pansel untuk menduduki jabatan tersebut,” tukasnya. korankito.com/rodi/syym.