75 Bakal Lulusan SMKN 5 Sudah Diserap Dunia Kerja

Palembang – Dari 402 siswa bakal lulusan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 5 Palembang pada angkatan 2016/2017, sedikitnya 75 siswa diantaranya sudah terserap didunia kerja. Hal ini diungkapkan oleh Kepala SMKN 5 Palembang Zulfikri seusai acara perpisahan siswa kelas XII di Graha Person, Pakjo (12/4).

“Untuk tahun ini selain 75 siswa yang sudah terserap didunia kerja. Bahkan ada juga 24 anak yang mendapat beasiswa di Universitas Internasional Batam (UIB) dan 12 anak di Universitas Sriwijaya (Unsri),” bebernya.

Ia menjelaskan ke-75 siswa  yang terserap dibeberapa perusahaan di Kota Palembang tersebut diketahui  dinilai baik saat magang dan nilainya juga mumpuni. Menurut pria berambut ikal ini, siswa lainnya masih belum melaporkan tujuan mereka setelah tamat nanti.

“Kedepan akan dibentuk job carier juga. Kita berkomitmen agar siswa harus dijembatani untuk menuju dunia kerja atau kuliah,” tukasnya.

Sementara itu, Kasi Peserta Disdik SMK Dinas Pendidikan (Disdik) Sumatera Selatan (Sumsel) Zulkifli menuturkan, saat ini memang SMK tengah disibukkan dengan mengadakan kerja sama dengan dunia industri sehingga serapan tenaga kerja lulusan SMK bisa maksimal.

“Tergantung dengan Kepala sekolahnya mengarahkan lulusannya untuk kuliah atau bekerja, karena kita (Disdik Sumsel) hanya mendorong,” pungkasnya. (korankito.com/amel)