MIN 2 Palembang Diserbu Pendaftar

Salah satu peserta tes seleksi di MIN 2 Palembang, Selasa (11/04) foto/ejak

Palembang – Peminat membludak, MIN 2 Palembang berlakukan tes membaca, menulis, dan baca Iqra untuk memenuhi sisa kuota PPDB 2017. Meningkat pesatnya peminat pendaftaran peserta didik baru (PPDB) 2017, di Madrasah Ibtidaiyah  Negeri (MIN) 2 Palembang membuat pihak sekolah harus melakukan seleksi untuk memenuhi kuota yang tersedia.

Ketua panitia PPDB MIN 2 Palembang Ahyar, mengatakan, sebenarnya dalam sistem penerimaan siswa baru dilakukan tanpa tes materi apapun. Namun, karena jumlah siswa yang membludak mencapai 322 orang pendaftar, sedangkan kuota hanya untuk 200 orang sehingga tes seleksi harus dilakukan bagi calon peserta yang masih berumur di bawah enam tahun.

“Pendaftar yang berumur di atas 6 tahun ada 174 orang dan enam orang di antaranya tidak verifikasi ulang. Siswa ini tidak mengikuti tes lagi dan langsung diterima. Untuk memenuhi sisa kuotanya maka 142 orang pendaftar yang umurnya di bawah enam tahun harus mengikuti tes membaca, menulis dan baca Iqra terlebih dahulu,” ungkapnya di sela seleksi tes di sekolah, Selasa (11/04).

Ahyar menjelaskan, sebelumnya berbagai rangkaian seleksi administrasi telah diikuti calon siswa mulai dari sesi pendaftaran yang dilakukan pada 3 April lalu melalui online. Kemudian melakukan proses verifikasi akte kelahiran dan kartu keluarga (KK) untuk mengetahui kebenaran umur calon peserta pada 4 April, dan tes yang dilakukan pada 11 April.

“Untuk pengumuman sendiri akan dilakukan pada 13 April melalui online di website sekolah dan manual yang ditempelkan di sekolah,” ucapnya. korankito.com/ejak/drsd