Gunung Dempo Sedang Kumpulkan Tenaga

Rapat koordinasi membahas situasi Gunung Dempo.foto/repi

Pagaralam-Situasi Gunung Dempo (GAD) terbilang aman. Namun situasi diamnya aktivitas Gunung Dempo bukan berarti  tidak berisiko. Diperkirakan, Gunung Dempo sedang mengumpulkan energi yang suatu saat dapat mengeluarkan embusan hangat dan membahayakan.

Hal ini diungkapkan oleh penjaga Gunung Dempo Mulyadi saat rapat koordinasi yang dipusatkan di Ruang Rapat Besemah I, dipimpin langsung oleh Walikota Pagaralam dr Hj Ida Fitriati Bjasuni.

Walikota mengharapkan agar BPBD bisa melaporkan perkembangan Gunung Dempo dari waktu ke waktu sehingga diperoleh data yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan. “Kerahkan dan tempatkan anggota BPBD di lokasi,” tegas Walikota.

Sementara itu, Mulyadi petugas pemantau GAD menerangkan, meski sebelumnya sempat batuk-batuk serta mengeluarkan sedikit abu, Gunung Dempo saat ini sudah aman dan diam. Tetapi diamnya GAD bisa saja karena sedang mengumpulkan energi yang suatu saat mengeluarkan abu dan debu. “Debu vulkanologi bisa saja menyembur sembarang waktu,” urainya.korankito.com/repi/drsd