Bisa Dipercaya

Besok, Pendaftaran SBMPTN Mulai Dibuka

Penanggung Jawab SNMPTN/SBMPTN Universitas Sriwijaya (Unsri) Zulkifli.foto/ejak

Palembang-Pendaftaran resmi calon mahasiswa baru melalui jalur penerimaan seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) se-Indonesia akan dimulai secara serentak mulai 11 April–5 Mei 2017. Teknis ujian tidak berbeda dengan tahun sebelumnya, yakni ujian computer bases test (CBT) dan Paper bases Test (PBT).

Penanggung Jawab SNMPTN/SBMPTN Universitas Sriwijaya (UNSRI) Zulkifli menuturkan, tahun ini kembali menyediakan 120 unit komputer sebagai sarana yang akan digunakan dalam pelaksanan ujian CBT pada SBMPTN 2017. Jumlah unit yang ada sedikit mengalami peningkatan dari tahun kemarin yang hanya 80 komputer.

Berita Sejenis

“Sebenarnya komputer yang akan digunakan bisa lebih dari 120, namun karena semua fasilitas komputer banyak di kampus Inderalaya sedangkan pelaksanan di Palembang maka baru bisa segitu. Oleh karena itu, jika ingin menggunakan ujian komputer maka peserta harus mendaftar lebih dulu yang sudah dibuka pada 11 April nanti,” ungkapnya, Senin (10/04).

Lebih jauh Zulkifli menambahkan, mekanisme pendaftaran jalur SBMPTN tidak mengalami perbedaan apapun, para peserta yang tidak lolos ataupun ikut SNMPTN bisa mendaftar secara langsung.

“Nah di sini, setiap pendaftar wajib memilih satu PTN di daerahnya. Misalnya tinggal di Sumsel harus memilih UNSRI sebagai satu pilihan. Sedangkan satu PTN lagi bisa di luar Sumsel. Khusus SBMPTN kita sediakan kuota sebesar 40 persen dari total kursi yang ada,” tuturnya.

Proses pembayaran, dijelasan Zulkifli bisa dilakukan di beberapa bank yang ada, seperti Mandiri, BNI dan BTN. Khusus untuk peserta bidik misi yang mengikuti jalur SNMPTN namun tidak lolos, maka tidak perlu membayar biaya pendaftaran lagi.

“Perlu diketahui, calon peserta yang mempunyai PIN bidik misi tidak lolos SNMPTN, maka dipersilakan menggunakan PIN bidik misi tersebut untuk mendaftar di jalur SBMPTN. Mereka tidak perlu membayar pendaftaran lagi, kebijakan ini khusus berlaku bagi peserta bidik misi saja,” ungkapnya.

Ia menambahkan, biaya pendaftaran sebesar Rp200 ribu, dimana calon peserta SBMPTN bisa memilih tiga jurusan yang diinginkan di dua perguruan tinggi negeri (PTN) berbeda. Pelaksanaan tes SBMPTN nantinya akan dilaksanakan pada 16 Mei 2017 mendatang dengan ujian keterampilan dilakukan pada 17-18 mei.

“Hasil pengumuman semua akan dilakukan melalui website www.sbmptn.ac.id pada 13 Juni pukul 17.00. Pelaksanan SBMPTN akan dilakukan di beberapa lokasi ujian, untuk sekarang belum ditentukan. Namun dipastikan tidak akan jauh berbeda dengan lokasi ujian SBMPTN pada tahun kemarin,” pungkasnya.korankito.com/ejak/drsd