Ribuan Burung Ikut Kontes Bupati Cup 2017

foto / Endri

OKI – Sebanyak 1.872 peserta mengikuti kontes burung berkicau Bupati Cup 2017 yang diselenggarakan di lapangan tenis belakang kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Ogan Komering Ilir (OKI), Minggu (9/4).

Kontes burung berkicau yang dilaksanakan oleh Club POBC mendapat apresiasi dari masyarakat dan Pemkab OKI karena hobi burung berkicau dianggap sebagai hobi yang positif, karena begitu banyak membangkitkan ekonomi kreatif seperti pengrajin sangkar, penangkaran burung lomba, peternakan jangkrik dan kroto.

Bupati OKI, H. Iskandar yang diwakili oleh Asisten II, Herry Susanto mengatakan, Pemkab OKI berterima kasih kepada Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman dan Holtikultura OKI, para sponsor,  Bird Club POBC dan panitia yang sudah bekerja keras sebagai pelaksana kontes burung berkicau ini. Melalui kegiatan ini diharapkan agar masyarakat OKI dapat bersama-sama menjaga dan melestarikan burung yang langka ini. “Marilah kita menjaga dan melestarikan burung -burung yang langka ini agar tidak punah,” katanya dihadapan peserta lomba kicauan burung

Lebih lanjut dikatakan Herry, kontes kicauan burung mania yang diadakan ini untuk para pecinta burung di Kabupaten OKI, sehingga hal ini membuat Pemkab OKI tertarik untuk menyatukan para pecinta burung berkicau dengan menyelenggarakan kontes ini.

Sementara, Ketua Panitia Fitriyadi mengatakan, kegiatan ini bernaung dibawah Dinas Ketahanan Pangan dan Holtikultura OKI selaku ketua Panitia Bupati OKI Cup lomba burung berkicau.

“Kegiatan ini selain untuk pembinaan dan pengembangan bakat dan hoby burung, juga untuk mengasah keterampilan dan kreatifitas burung,” katanya.

Ia menjelaskan perlombaan burung berkicau ini terbagi atas 5  kelas yakni, lomba Kelas Bupati yang melombakan 3 jenis burung diantaranya Kelas Burung Murai Batu, Kelas Burung Kecer dan Kelas Burung Lovebird, dimana kelas ini merupakan kelas tertinggi atau eksekutif. Selanjutnya Kelas Dandim memperlombakan 5 jenis Burung Murai Batu, Burung Kecer, Burung Lovebird, Burung Kenari dan Love Brid Baby. Sedangkan untuk Kelas Kapolres memperlombakan 6 jenis Burung, Burung Murai Batu, Burung Kecer, Burung Lovebird, Burung Kenari, Burung Kapas Tembak dan Burung Ciblek. Dan Kelas Dinas Pertanian OKI memperlombakan 7 burung dan Kelas POBC 5 jenis burung. (korankito.com/endri/amel)