Bisa Dipercaya

Sumsel Layak Menjadi Contoh Kerukunan Umat beragama

Foto/hms

Palembang-Gubernur Sumsel H Alex Noerdin menerima Panitia Karya Agung Panca Wali Krama dan pengurus Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Sumsel, di ruang rapat Griya Agung Palembang, Jum’at (7/4

Dalam sambutannya Alex menyampaikan dukungannya atas rencana penyelenggaraan kegiatan Karya Agung Panca Wali Krama (Upacara Keagamaan Tertinggi bagi Umat Hindu) yaitu Upacara Penyucian Diri dan Jagad Raya, di Palembang 9 sampai 16 April.

Berita Sejenis
1 daripada 3.093

Gubernur Sumsel mengungkapkan, wilayah Sumatera Selatan merupakan daerah yang sangat kondusif dalam hal kerukunan antar umat beragamanya, hal itu terbukti belum pernah terjadi dan tidak akan pernah terjadi kerusuhan antar etnis dan umat beragama di Sumsel. Sehingga, berkat kerukunan ini Kementerian Agama mendukung rencana pembangunan rumah ibadah di Jakabaring baik itu gereja, masjid, pura, maupun wihara.

“Sumsel terkenal selain karna sukses diberbagai bidang, juga karna ada satu hal yang menjadi hal penting yakni kerukunan umat beragama yang selalu terjaga, ungkap Alex

Gubernur Alex Noerdin dalam kesempatan ini menghimbau agar panitia mempersiapkan kegiatan ini dengan matang. Karena kegiatan ini akan melibatkan puluhan ribu umat Hindu dan ini tidak mudah. Karenya persiapan harus tertata dengan baik, apalagi akan berlangsung dilokasi yang tidak begitu luas.

“Selain mendukung kegiatan ini, kita juga akan bangun Pura untuk umat Hindu di Sumsel yang akan berdampingan dengan tempat ibadah agama lainnya. Tidak ada di Indonesia ini masing-masing rumah ibadah berdampingan selain di Sumsel, ini akan menjadi simbol kerukunan umat beragama Sumsel,” terangnya.

Ketua PHDI Sumsel I Gusti Bagus Surya Negara yang juga Staf Ahli Gubernur Sumsel Bidang Ekonomi dan Pembangunan mengatakan, Karya Agung Panca Wali Krama ini merupakan yang pertama kalinya dilaksanakan di luar Provinsi Bali dan ini merupakan acara tertinggi bagi umat Hindu.

“Karya Agung Panca Wali Krama di Sumsel akan menjadi hal yang baru dalam sejarah karena baru pertama kali diadakan di luar Pulau Bal,” terangnya.

Sementara Ketua panitia Karya Agung Panca Wali Krama, Suniatmaja mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi Gubernur Sumsel Alex Noerdin yang sudah memberikan perhatian penuh kepada umat Hindu di Sumsel serta telah mendukung penuh terselenggaranya Karya Agung Panca Wali Krama.

Tujuan Karya Agung Panca Wali Krama adalah untuk penyucian diri dan alam semesta yang dilaksanakan umat Hindu, dan mendoakan semua umat di Sumsel agar senantiasa diberikan kesejahteraan. (korankito.com/hms/***)