Petani Ingin Jadikan Semende Sebagai Sentra Holtikultura

Muaraenim – Petani sayur diwilayah Kecamatan Semende Darat Laut (SDL) terus berjuang mewujudkan wilayahnya menjadi sentra holtikutura di Kabupaten Muaraenim. Meski banyak bantuan yang telah digelontorkan pemkab setempat, namun sampai saat ini bantuan yang diberikan belum merata, bahkan masih butuh suntikan dana dan peralatan modern lainnya.

Ketua Gapoktan Desa Tanah Abang Kecamatan Semende Darat Laut Khairul mengatakan untuk mengolah lahan pertaniannya, kelompok tani didaerahnya sudah menggunakan alat pengolahan lahan pertanian seperti mesin Junder sesuai dengan program Dinas Pertanian. “Alat yang diberikan kepada kami, sungguh sangat membantu, dengan adanya program pemerintah untuk menggalakan pertanian dan perkebunan, baik dari segi pembajakan dan bantuan lahan optimalisasi serta pembibitan diberbagai tanaman sampai keperikanan,” kata dia.

Sementara itu salah satu petani sayur Ramlan (47) mengatakan,  semenjak adanya program dan bantuan dari Dinas Perkebunan dan Pertanian sangat membantu meringankan pekerjaan mereka. “Dengan adanya mesin Junder Mini ini, membuat kami lebih mudah untuk menggarap lahan yang luas ini pak,” tutur dia.

Ia dan petani lainnya diwilayah Semende Darat Laut ini berharap, akan mendapatkan bantuan dari pemerintah dibidang pertanian, sayur dan perkebunan ini. Yang paling utama yakni pemerintah menyiapkan  lahan optimasi holtikultura dibidang cabai, karena kondisi alam pertanian dan cuaca daerah ini sangat cocok untuk budidaya cabai.  (korankito.com/hafiz/amel)