Minim Anggaran, Pemkot Linggau Tiadakan Lelang Mobil Dinas

ilustrasi/dhia

Lubuklinggau-Meski penggunaan mobil dinas di masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) sudah di atas lima tahun, Pemkot Lubuklinggau tidak akan mengadakan lelang mobil dinas tahun ini. Tidak hanya kendaraan roda empat, lelang juga tak berlaku untuk kendaraan roda dua.

“Lelang mobil dinas baik roda dua maupun roda empat tidak ada tahun ini, selain karena keterbatasan anggaran yang dimiliki rata-rata mobil yang  digunakan OPD masih dalam kondisi prima,” jelas Kabag Umum Setda Kota Lubuklinggau, Zulfikar, Kamis (6/4).

Hanya saja sesuai dengan aturan yang berlaku, kata Zulfikar, lelang mobil dinas akan dilakukan untuk mobil yang penggunaannya di atas enam tahun.

“Kalau mengacu pada aturan yang berlaku sudah ada puluhan mobil dinas   sudah bisa dilelang, tetapi untuk melaksanakan lelang ada pertimbangan lain yang harus dikedepankan.  Bila anggaran untuk pengganti mobil sudah dianggarkan baru kita lakukan lelang, sehingga lelang dilakukan tidak mengganggu kerja OPD,” tambahnya.

Sementara terkait pengadaan mobil dinas di jajaran Pemkot Lubuklinggau, Zulfikar menjelaskan tahun ini akan ada pengadaan tiga mobil. Satu mobil untuk jabatan Sekda Kota Lubuklinggau dan dua mobil dinas untuk komisioner KPU Kota Lubuklinggau.

“Ada 3 kendaraan  akan diadakan tahun ini dua di antaranya jenis Toyota Rush untuk komisioner KPU Kota Lubuklinggau dan satu mobil dinas untuk Sekda Kota Lubuklinggau yang jenisnya masih dalam proses pembahasan.  Yang jelas pengadaan tiga mobil tersebut senilai lebih kurang satu miliar,” jelasnya.

Untuk pengadaan mobil bagi unsur Pimpinan DPRD Kota Lubuklinggau Zulfikar penganggarannya melekat pada OPD terkait. “Kalau pengadaan mobnas untuk wakil rakyat penganggarannya ada di sekretariat dewan, berapa jumlahnya saya kurang paham,” pungkasnya.korankito.com/Dhia/drsd