Warga Serahkan 59 Pucuk Senpira ke TNI

Barang bukti senpi rakitan yang diserahkan warga ke Kodim0406/MLM.foto/dhia

Lubuklinggau-Warga Kota Lubuklinggau, Musirawas dan Musirawas Utara (MLM), menyerahkan sedikitnya 59 pucuk senjata api rakitan (Senpira) yang terdiri dari 52 laras panjang dan 7 laras pendek.

Seluruh senpira yang diserahkan warga secara sukarela  ke Kodim 0406 Mura-Lubuklingga-Muratara, kemudian akan dikirim ke Korem 044/Gapo di Palembang, Kamis (6/4).

“Senjata api ini diserahkan warga di wilayah‎ Kodim 0406 yaitu Lubuklinggu, Musirawas, dan Muratara. Senjata-senjata ini akan kita serahkan ke Korem 044/Gapo di Palembang. Hari ini langsung kita bawa ke Palembang,” ungkap Pasi Intel Kodim 0406 MLM Kapten Inf Khairudin, usai gelar senjata, Kamis (6/4).

Menurut Khairudin, ‎gelar senjata api rakitan tersebut merupakan upaya  inventarisasi dari Satuan Kodim 0406 sebelum menyerahkan senpira  ke  Korem 044/Gapo Palembang.

“Warga memang masih takut-takut untuk menyerahkannya, tapi kita lakukan pendekatan agar mereka tidak takut lagi. Mereka takut ditangkap padahal kalau mereka mau menyerahkan tidak akan seperti itu, senpira ini banyaknya di daerah-daerah jauh dari pusat kota,” katanya.

Kodim 0406 mengajak seluruh masyarakat Kota Lubuklinggau, Kabupaten Musirawas dan Muratara  bersama-sama mendukung upaya menciptakan stabilitas keamanan, salah satunya dengan menyerahkan senpi rakitan.

“Kalau masih ada kerabat atau keluarga dan teman-temannya masih menyimpan dan menggunakan senjata api rakitan hendaknya dengan sukarela  menyerahkan kepada aparat. Di wilayah ada  Babinsa maupun kantor Koramil setempat agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” pungkasnya.korankito.com/dhia/drsd