Sirkuit PALI Siap Gelar Kejurnas Grastrack

PALI – Kabupaten PALI siap menggelar Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Grastrack Region I Sumatera dan Kejuaraan Daerah (Kejurda) I Bupati PALI Cup, 15-16 April mendatang, di sirkuit Talang Karangan yang yang  akan tampil beda dengan sirkuit yang ada di daerah lain.

Sirkuit Talang Karangan ini memiliki panjang lebih dari 1000 meter ini, didesain sedemikian rupa dengan berbagai rintangan yang ekstrim, sehingga akan memacu adrenalin para crosser.

Untuk penonton sendiri, akan disuguhkan pemandangan alam yang menawan yang tidak ada di sirkuit-sirkuit lainnya di Indonesia. Selain itu,hadiah pada gelaran tersebut cukup menarik, dimana panitia menyediakan tiga unit sepeda motor dan uang pembinaan puluhan juta rupiah.

Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bidang Desain, ‎Zahid Nurzan mengatakan, bahwa kontur tanah yang dijadikan sirkuit Talang Karangan sangatlah baik, sehingga bisa dibuat berbagai rintangan yang bervariasi.

“Namun, tentunya kita mengacu pada standar nasional terutama keamanan bagi para crosser dan keamanan para penonton dengan memberikan tempat tersendiri. Jadi, penonton akan disuguhkan pemandangan alam yang natural di sekeliling sirkuit,” ujarnya, Rabu (5/4).

Sementara, Ketua Harian KONI Kab‎upaten PALI, Hendrik Halim mengatakan, event ini bukanlah sekedar mengadakan acara biasa. Pihaknya akan melakukan pemantauan langsung saat lomba dalam menjaring bibit-bibit crosser yang akan dibina menjadi berprestasi.

“Yang berprestasi akan kita bina untuk dipersiapkan ke ajang kejuaraan yang lebih tinggi lagi. Selama ini, kita belum pernah mengirim crosser di ajang Kejurnas. Ini merupakan langkah awal untuk itu. Sehingga, setiap ada kejurnas kita akan ikuti,” tandasnya.

Langkah tersebut, sesuai dengan keinginan Bupati Ir H Heri Amalindo MM yang ingin menciptakan atlet berprestasi bagi Provinsi Sumatera Selatan.

“Bupati tidak main-main akan hal ini. Dan kita patut bersyukur, kepedulian bupati ingin memajukan olahraga di PALI sangat besar, dan semua elemen wajib mendukungnya,” tambahnya.

Terpisah, Ketua Korwil IMI Kabupaten PALI, Deny Pramulia didampingi Sekretaris Asrarudin mengatakan, bahwa Bumi Serepat Serasan memiliki peluang yang begitu besar, untuk menyelenggarakan grand final Kejurnas Grasstrack tahun ini.

“Dengan suksesnya acara ini nanti dan dukungan penuh dari Pemda PALI, kemungkinan besar grand final bisa diselenggarakan di sirkuit Talang Karangan,” ucapnya. (korankito.com/imam/fran)