Bisa Dipercaya

STEBIS Gelar Seminar Perubahan UU Nomor 5 Tahun 1999

Suasana seminar perubahan UU nomor 5 1999 di STEBIS IGM.foto/ejak

Palembang–Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Islam (STEBIS) Indo Global Mandiri (IGM) menggelar seminar perubahan UU 5/1999 tentang larangan praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat.

Di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dan ASEAN Free Trade Area (AFTA), sejumlah praktisi ekonomi meyakini akan bertambahnya persaingan usaha di Indonesia, termasuk di Sumatera Selatan. Beranjak dari fakta tersebut, STEBIS IGM menggelar seminar perubahan UU 5/1999, agar mahasiswanya lebih siap bersaing.

Berita Sejenis
1 daripada 2

“Pemberlakuan peraturan tentang larangan praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat sudah harus diubah. Mengingat, beberapa poin dalam peraturan tersebut sudah tidak sesuai dengan kondisi ekonomi Indonesia,” ungkap Ketua Yayasan UIGM Asmawati, Senin (3/04).

Sementara itu, Ketua KPPU Muhammad Syarkawi Rauf mengatakan, pemberlakuan UU tersebut selama ini dinilainya sudah banyak memberikan efek positif bagi perekonomian Indonesia. Meski​ begitu, peraturan harus disesuaikan dengan perkembangan zaman untuk mengukur relevansi​ dan efektif dalam pengimplementasiannya.

“Hampir 18 tahunan UU 5/1999 menjadi salah satu barometer bekerjanya ekonomi pasar di Indonesia. Tentu harus kita evaluasi, terlebih sekarang kita menghadapi MEA dan AFTA,” jelasnya.korankito.com/ejak/drsd