Pemadaman Listrik Hantui Pelaksanaan UNBK

Para siswa SMK YPPI tampak seirus menjawab soal-soal UNBK.foto/imam

PALI-Meski merupakan kabupaten baru, Kabupaten PALI juga menggelar ujian nasional berbasis komputer atau UNBK, Senin (3/4). Terdapat dua sekolah yang menggelar UNBK di PALI. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Yayasan Pendidikan Islam Pendopo (YPIP) dan SMKN 1 Penukal.

Kepala sekolah SMK YPIP Robi Yanto, mengaku, kendala yang sangat rentan adalah seringnya pemadaman lampu oleh pihak PLN yang waktunya tidak terduga –duga. Ini pernah terjadi saat simulasi UNBK dilakukan beberapa waktu lalu.

“Kendala utama adalah listrik, pihak PLN sering mematikan arus listrik tanpa konfirmasi ketika simulasi UNBK dilakukan, ketika lampu padam jaringan internet juga terkadang down,” katanya.

Sebagai langkah antisipasi, pihaknya memakai jaringan listrik dari Pertamina. Namun pihaknya juga sudah menyurati pihak PLN agar jangan mematikan listrik saat UNBK berjalan, agar ujian perdana di SMK berjalan lancar.

Puluhan siswa tampak serius dalam melaksanakan UNBK yang di bawah pengawasan para pengawas ujian.  “Ada total 51 pelajar yang ikuti UNBK di sekolah kami, karena jumlah komputer cuma ada 17 unit ditambah 3 unit komputer cadangan. Jumlah tersebut sudah sesuai persyaratan UNBK yakni satu per tiga dari jumlah siswa yang ikuti UNBK,” ungkapnya.

Dijelaskan Robi, ada tiga sesi dalam pelaksanaan UNBK di sekolahnya.
Sesuai jumlah komputer yang ada, pelaksanaan UNBK di sekolah dibagi tiga sesi.korabnkito.com/imam/drsd