Pelaksanaan UNBK SMK di Kabupaten Lahat Berjalan Lancar

Suasana Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disalah satu SMK di Kabupaten Lahat. foto/Ujang

Lahat – Pelaksanaan hari pertama Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Lahat berjalan dengan lancar. Pantauan awak media Koran Kito disalah satu SMK yang ada di Kabupaten Lahat yakni SMK PGRI 2 Lahat, pada hari pertama UNBK ini diikuti oleh keseluruhan siswa yang berjumlah 253 orang. Terdiri dari Tiga sesi, mulai 07.30-09.30 WIB, 10.00-12.30 WIB, dan 14.00-16.30 WIB.

“Pelaksanaan UNBK ini selama empat hari terdiri dari mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan Teori Produktif (Teori Pelajaran Praktek),” jelas Kepala Sekolah SMK PGRI 2 Lahat, Rusminah, saat ditemui, di sela-sela peninjauan UNBK, Senin (3/4).

Disinggung tentang soal-soal UNBK, Rosminah menjelaskan bahwa semua soal itu berasal dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dimana setiap siswa yang mengikuti ujian akan mendapatkan materi soal ujian yang berbeda. Kendati demikian jelasnya UNBK ini tidak menjadi dasar dalam penentuan kelulusan nanti.

“Sudah ditetapkan semuanya dari nilai Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN). Dengan komposisi 25 persen dari pusat dan 75 persen dari Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel),” pungkasnya

Terpisah Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lahat Sutoko melalui Sekretaris Dinas Pendidikan Lahat, Cholmin Heryadi mengungkapkan ada 1.404 siswa SMK se- Kabupaten Lahat yang mengikuti pelaksanaan UNBK 2017. Pelaksanaan UNBK ini akan berlangsung selama empat hari yang dilaksanakan mulai Senin hingga Kamis mendatang.

“Semua berjalan lancar, dan mudah-mudahan tidak ada kendala apapun dalam pelaksanaannya”, terangnya saat dikonfirmasi via SMS

. (korankito.com/ujang/amel)